Jumat, 26 September 2014

Judul Psikologi; Aspek Pengetahuan

Menurut Salam (1995), ada dua aspek pengetahuan, yaitu :
a)      Pengertian
Suatu hal yang diketahui oleh individu dan hal tersebut tidak selalu mencerminkan keadaan yang sebenarnya dari objek yang bersangkutan.
b)      Pemahaman
Suatu hal yang diketahui oleh individu dan hal tersebut mencerminkan keadaan yang sebenarnya dari objek yang bersangkutan walaupun tanpa melihat objek. Menurut Bloom (Azwar, 2005), dijelaskan bahwa pengetahuan atau knowledge terdiri atas beberapa konsep pokok, antara lain:
i)        Pengetahuan Khusus (Knowledge of Specifics)
Kawasan ini mengukur tingkat pengetahuan, terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang pokok. Knowledge ini terbagi lagi menjadi dua, yaitu knowledge of terms (pengetahuan tentang syarat suatu hal) dan knowledge of specific facts (pengetahuan yang berkaitan dengan keadaan atau fakta-fakta yang berkaitan dengan hal-hal tertentu).
ii)      Pengetahuan tentang cara dan sarana secara khusus (Knowledge of Ways and Means of Dealing with Specifics)
Kawasan ini mengukur tentang pengetahuan yang berhubungan dengan cara dan alat yang menyangkut pencapaian hal-hal yang pokok dan mendasar. Knowledge ini terbagi lagi menjadi empat, yaitu knowledge of conventions (pengetahuan tentang kesesuaian suatu hal), knowledge of trends and sequences (pengetahuan tentang kecenderungan terhadap suatu hal), knowledge of classifications and categories (pengetahuan tentang pengelompokkan dan kategori suatu hal), knowledge of criteria (pengetahuan tentang kriteria suatu hal), knowledge of methodology (pengetahuan yang berkaitan dengan metode atau cara yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu).
iii)       Pengetahuan secara umum dan abstraksi di lapangan (Knowledge of the Universals and Abstraction in a Field)
Pengetahuan yang berkaitan dengan unsur-unsur suatu hal serta pemisahannya menjadi bagian-bagian yang lebih spesifik. Knowledge ini dibagi lagi menjadi dua, yaitu knowledge of principles and generalizations (pengetahuan tentang hal-hal yang mendasar dan tinjauannya secara umum) dan knowledge of theories and structures (pengetahuan tentang teori dan struktur yang mendasari suatu hal).


Tidak ada komentar: