Menurut Hurlock (2000 : 83) ada beberapa fungsi dan
tujuan penerapan kedisiplinan pada anak yaitu :
a. Kedisiplinan
memberi rasa aman dengan memberitahukan apa-apa yang boleh dan tidak boleh
dilakukan. Jadi penerapan kedisiplinan pada anak akan mebentuk pribadi yang
bertanggung jawab terhadap segala peraturan yang telah diterapkan.
b. Kedisiplinan
memunkinkan anak hidup menurut standar yang disetujui kelompok sosial dan
dengan demikian memperoleh persetujuan sosial. Dengan demikian, perilaku anak
dapat diterima oleh masyarakat.
c. Kedisiplinan
yang sesuai dengan perkembangan berfungsi sebagai motivasi pendorong ego yang
mendorong anak mencapai apa yan diharapkan darinya.
d. Kedisiplinan
membantu anak mengembangkan hati nurani dalam mengambil keputusan dan
pengendalian perilaku.
Menurut
Rahman ( Tu’u, 2004 : 35-36) tujuan disiplin pada siswa adalah sebagai berikut :
a. Memberikan
dukungan bagi terciptanya perilaku yang tidak menyimpang.
b. Membantu
siswa memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan yang lingkungan
c. Cara
menyelesaikan tuntutan yang ingin ditunjukkan peserta didik terhadap
lingkungannya
d. Untuk
mengatur keseimbangan keinginan individu satu dengan individu lainnya.
e. Menjauhkan
siswa melakukan hal-hal yang baik dan benar.
f. Peserta
didik belajar hidup dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik, positif dan
bermanfaat baginya dan lingkungannya.
Kebiasaan baik
menyebabkan ketenangan jiwanya dan lingkungannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar