Jumat, 26 September 2014

Konsultasi Skripsi; Faktor Perilaku Asertivitas

Menurut Rathus dan Nevid (1983), terdapat enam hal yang mempengaruhi perkembangan perilaku asertif, yaitu:
1.    Jenis kelamin.
 Jenis kelamin mempengaruhi perkembangan perilaku asertif. Wanita pada umumnya lebih sulit bersikap asertif seperti mengungkapkan perasaan dan pikiran dibandingkan dengan laki-laki. Dilihat dari alasan individu berperilaku non asertif, yang dikemukakan (Zulkaida, 2006) tentang kesalahan dalam menganggap perilaku non asertif sebagai suatu bentuk kesopanan, sehingga menganggap perilaku diam sebagai bentuk kesopanan.
2.    Konsep Diri
Individu yang berhasil membentuk perilaku asertif adalah individu yang harus memiliki keyakinan. Dalam hal ini adalah orang yang mampu membentuk pandangan terhadap diri sendiri yang baik. Pandangan terhadap diri sendiri inilah yang disebut sebagai konsep diri. Orang yang memiliki konsep diri yang tinggi memiliki kekuatiran sosial yang rendah sehingga mampu mengungkapkan pendapat dan perasaan tanpa merugikan orang lain dan diri sendiri. (Zulkaida, 2006).
3.    Kebudayaan.
Kebudayaan juga mempengaruhi perilaku yang muncul. Kebudayaan biasanya dibuat sebagai pedoman batas-batas perilaku setiap individu. Dalam berbagai kebudayaan menunjukkan bahwa kesopnan seringkali dikaitkan dengan sikap diam dan pasraha. Pada kenyataannya sikap diam dan pasrah terkadang tidak menunjukkan suatu solusi terhadap permasalahan (Zulkaida, 2006)
4.    Tingkat pendidikan.
Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin luas wawasan berpikir sehingga memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri dengan lebih terbuka. Oleh karenanya orang yang memiliki asertivitas rendah, umumnya disebabkan tidak adanya keterampilan untuk berperilaku asertif, mereka merasa tidak memiliki keterampilan untuk berperilaku asertif (Zulkaida, 2006)
5.    Tipe kepribadian.
Factor tersebut mempengaruhi asertivitas karena pada umumnya orang yang memiliki kepribadian yang berbeda akan memiliki perbedaan pula dalam mengungkapkan ekspresi mereka. Dimana seseorang akan bertingkah laku berbeda dengan individu yang memiliki kepribadian lain. (Zulkaida, 2006)

Tidak ada komentar: