Dalamproses pemasaran memasukkan adanya penyaluran barang agar barang yang telah diproduksi dapat langsung dijual dan dinikmati oleh banyak orang (konsumen). Tanpa adanya proses penyaluran maka konsumen tidak dapat memenuhi kebutuhannya tepat pada waktunya. Dungsi pemasaran di sini adalah menyalurkan barang dari satu tempat ke tempat lainnya sesuai dengan permintaan dan kebutuhan konsumen tepat pada waktunya (Kotler,1997).
Fungsi pemasaran adalah tindakan-tindakan yang dilakukan untuk memperlancar proses penyampaian suatu barang dari produsen ke konsumen akhir. Menurut Swasta (2002), ada 3 fungsi pemasaran yaitu:
- Fungsi pertukaran, yaitu suatu proses yang memerlukan adanya transaksi antara kedua belah pihak.
- Fungsi penunjang fisik, yaitu menyangkut perpindahan barang-barang fisik dari produsen ke konsumen. Fungsinya adalah pengumpulan penyimpangan, pemelihan, dan pengangkutan.
- Dungsi penunjang, yaitu bersifat sebagai pembantu untuk menunjang terlaksananya dungsi-fungsi yang lain, termasuk di dalamnya adalah pelayanan sesudah pembelian, pembelanjaan, penyebaran info, dan kooordinasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar