Dalam
MTM-1 terdapat 10 jenis elemen gerakan dasar yang berlaku dan 1 jenis
penggunaan tekanan dalam pergerakan, yaitu Reach
(R), Move (M), Turn (T), Garsp (G), Release (R), Position (P), Disengage (D), Eye Travel (ET)
and Eye Focus (EF), Body (B), Leg (L) and Foot Motion (FM),
Crank (C), Apply Pressure (AP). Berbagai jenis elemen-elemen di atas dapat
lebih jelas untuk dipahami maka akan dijabarkan satu per satu sebagai berikut :
1. Menjangkau
(Reach)
Menjangkau adalah elemen gerakan
dasar yang digunakan bila maksud utama gerakan adalah untuk memindahkan tangan
atau jari ke suatu tempat tujuan tertentu. Waktu yang dibutuhkan untuk gerakan
menjangkau ini bervariasi dan tergantung pada faktor-faktor seperti keadaan
atau tujuan, panjang gerakan, dan macam gerak jangkauan yang dilakukan (Sritomo,
2003).
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
1
|
Reach
(R)
|
Kasus A
|
Pengendalian
low, lokasi objek pasti
|
||
|
|
Kasus B
|
Pengendalian
medium, lokasi objek kira-kira
|
||
|
|
Kasus C
|
Pengendalian
high, objek teracak dgn yg lain
|
||
|
|
Kasus D
|
Pengendalian
high, objek sgt spesifik
|
||
|
|
Kasus E
|
Pengendalian
low, lokasi objek tdk tentu
|
2. Mengangkut
(Move)
Mengangkut adalah elemen gerakan
dasar yang dilaksanakan dengan maksud utama untuk membawa suatu obyek dari satu lokasi ke lokasi tujuan tertentu (Sritomo,
2003).
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
2
|
Move (M)
|
Kasus A
|
Pengendalian
low/medium ke tangan lain atau
|
||
|
|
|
berhenti
karena suatu penahan
|
||
|
|
Kasus B
|
Sasaran
letaknya tidak pasti
|
||
|
|
Kasus C
|
Pengendalian
high, sasaran sudah pasti
|
3. Memutar
(Turn)
Memutar adalah merupakan gerakan
memutar tangan sepanjang sumbu tangan atau lengan bawah. Dalam penentuannya Turn dibagi menjadi 3 kategori yang
didasarkan atas berat obyek yang diputar atau beban putaran yaitu, medium,
lebih besar 57% dari small. Large, lebih besar 200% dari small. Gerakan Turn juga dibagi berdasarkan kondisi tangan waktu memutar, yaitu Reach-turn adalah jika tangan dalam
keadaan kosong. Move-turn adalah
tangan terdapat obyek. (Sritomo, 2003).
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
3
|
Turn ( T
)
|
|
Memutar
memutar tangan sepanjang sumbu
|
||
|
|
|
tangan/lengan
bawah
|
4. Memegang
(Garsp)
Memegang adalah elemen gerakan
dasar yang dilakukan dengan tujuan utama untuk menguasai sebuah atau beberapa
obyek baik dengan jari atau dengan tangan untuk memungkinkan melaksanakan
gerakan dasar berikutnya. Diantara hal-hal yang mempengaruhi lamanya gerakan
ini adalah mudah atau sulitnya obyek dipegang, bercampur tidaknya obyek dengan
obyek lain, bentuk dan lain-lain (Sritomo, 2003).
|
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
|
4
|
Grasp (G
)
|
G1A
G1B
G1C
G1C1 G1C2
G1C3
G2
G3
G4
G5
|
Objek
mudah dipegang
Objek
sangat kecil, pipih, terletak sejajar dgn permukaan meja
Objek yg
dipegang berbentuk silindris
Objek
silindris dgn diameter >1/2 inch
Objek
silindris berdiameter antara ¼ s.d ½ inch Objek silindris berdiameter <¼
Dipakai
bila terjadi pengubahan pemegangan tanpa melepaskan pengendalian
Dipakai
bila objek yg dipegang diambil dari tangan lain dgn mudah
Dipakai
bila pemegangan dilakukan setelah pemilihan
Menguasai
objek dengan cara disentuh
|
5. Melepas
(Release)
Melepas adalah elemen gerakan dasar
untuk membebaskan kontrol atas suatu obyek oleh jari atau tangan dalam gerakan
ini biasanya tidak membutuhkan waktu untuk melakukannya terkecuali bila
gerakannya terpisah dengan gerakan lainnya (Sritomo, 2003).
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
5
|
Release
(Rl)
|
Rl 1 Rl
2
|
Melepaskan
penguasaan objek dgn membuka jari u/ melepaskan ‘menghindar’, lawan dari G5
|
6. Mengarahkan
(Position)
Mengarahkan adalah sebuah elemen gerakan
yang dilaksanakan untuk menggabungkan, mengarahkan, atau memasangkan suatu
obyek dengan obyek lainnya. Gerakan yang ada di sini cukup sederhana sehingga tidak diklasifikasikan
seperti elemen-elemen gerakan yang lainnya. Waktu untuk gerakan mengarahkan
dipergunakan oleh derajat kesesuaian, bentuk simetris, dan kemudahan untuk
ditangani (Sritomo, 2003).
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
6
|
Position
(P)
|
|
Mengarahkan
sebuah objek dgn objek lain
|
7. Melepas
Rakit (Disengage)
Melepas rakit adalah suatu elemen
gerakan dasar yang digunakan untuk memisahkan kotak antara satu obyek dengan
obyek lainnya. Hal ini termasuk gerakan memaksa yang dipengaruhi oleh mudah
atau tidaknya pada saat gerak lepas rakit dilaksanakan atau mudah sulitnya obyek
dipegang. Waktu yang dibutuhkan untuk gerakan lepas rakit akan dipengaruhi oleh
3 variabel seperti tingkat hubungan atau sumbangan dari obyek-obyek yang akan
dipisahkan, kemudian akan ada sebuah prosedur di dalam proses handling, faktor,
kehati-hatian yang perlu dipertimbangkan (Sritomo, 2003).
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
7
|
Disengage
(D)
|
D1 D2
|
Sangat
sedikit usahanya, dgn jarak pemisahan objek s.d 1 inch Usahanya normal, dgn
jarak pemisahan 1 s.d 5 inch
|
||
|
|
D3
|
Usaha yg
besar, dgn jarak pemisahan lbh besar 5 inch dan lebih kecil 12 inch
|
8. Eye Travel
Eye
Travel adalah gerakan mata yang dipergunakan untuk mengubah
pandangan dari suatu lokasi ke lokasi yang lain. Umumnya gerakan mata tidak
mempengaruhi waktu gerakan, kecuali bila gerakan diarahkan oleh mata.
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
8
|
Eye
Travel (ET)
|
|
Gerakan
mata yg dipergunakan u/ mengubah pandangan dari satu lokasi ke lokasi yg lain
|
9. Eye Focus
Eye
Focus adalah konsentrasi mata atau penglihatan mata
terhadap suatu obyek pada kurun waktu tertentu dengan maksud memperjelas
penglihatan. Besar TMU yang ditetapkan untuk gerakan ini adalah sebesar 7,2
TMU.
Memutar dari jari tangan, tangan,
pergelangan tangan dan lengan (Crank).
Crank adalah gerakan memutar dari
jari tangan, tangan, pergelangan tangan, dan lengan, dimana perputaran tersebut
bersumbu pada siku. Berbeda dengan Turn,
Crank terdapat diameter dari putaran,
sebagai contoh kita dapat ambil seseorang yang memutar stir mobil (Sritomo,
2003).
No
|
|
Elemen
|
|
Variasi
|
Keterangan
|
|
|
Gerakan
|
|
|
|
9
|
Eye
Focus
|
|
Konsentrasi
mata thdp suatu objek pada kurun waktu tertentu dengan maksud memperjelas
penglihatan = 7,3TMU
|
||
Walk (W)
|
|
Pergerakan
ke depan atau ke belakang dari tubuh yg timbul dari langkah perpindahan
|
|||
Side-Step
(SS)
|
SSC1
|
Satu
langkah ke samping
|
|||
|
SSC2
|
Dua
langkah ke samping
|
|||
Turn
Body (TB)
|
TBC1
|
Berputar
dengan satu langkah =18,6 TMU
|
|||
|
TBC2
|
Berputar dengan dua langkah =37,2 TMU
|
|||
Foot
Motion (FM)
|
|
Menekan atau mengangkat telapak kaki melalui tumit
|
|||
Foot
motion with heavy preasure (FMP)
|
|
Identik dengan FM, tetapi ada kesukaran atau beban tekanan
kaki
|
|||
Leg
motion (LM)
|
|
Menggerakkan kaki, baik melalui lutut bila keadaan duduk,
maupun pinggang bila keadaan berdiri
|
|||
|
Sit
(SIT)
|
|
Gerakan
badan untuk duduk, dari keadaan berdiri
|
||
Stand
|
|
Gerakan
badan untuk berdiri, dari keadaan
|
|||
|
(STD)
|
|
duduk
|
||
Bend (B)
|
|
Membungkuk
di tempat dari posisi berdiri, shg tangan dapat menjangkau objek
|
|||
Stoop
(S)
|
|
Membungkuk
di tempat dari posisi berdiri, shg tangan sampai ke lantai
|
|||
Kneel on
|
|
Merendahkan
badan dari keadaan berdiri
|
|||
|
One Knee
(KOK)
|
|
dengan
memindahkan satu kaki ke depan atau ke belakang dan menurunkan satu lutut ke
lantai
|
||
Arise
from Bend (AB)
|
|
Berdiri
tegak kembali dari posisi bungkuk (Bend)
|
|||
Arise
from Stoop (AS)
|
|
Berdiri
tegak kembali dari posisi bungkuk (Stoop)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar