Pengertian
Pertumbuhan Penjualan menurut Swastha dan Handoko (2001), “pertumbuhan atas
penjualan merupakan indicator penting dari penerimaan pasar dari produk
dan/atau jasa perusahaan tersebut, dimana pendapatan yang dihasilkan dari
penjualan akan dapat digunakan untuk mengukur tingkat pertumbuhan
penjualan”.Dengan demikian dapat diketahui bahwa suatu perusahaan dapat
dikatakan mengalami pertumbuhan ke arah yang lebih baik jika terdapat
peningkatan yang konsisten dalam aktivitas utama operasinya.Jadi, pertumbuhan
yang terjadi dalam perusahaan dagang sering dikatakan sebagai tingkat
pertumbuhan penjualan.
Higgins
(2003) menyatakan bahwa “growth comes
from two sources: increasing volume and rising price. Because of all variabel
cost, most curren assets, and current liabilities have a tendency with sales,
so it is a good idea to see the growth based on the sales of the company”. Artinya
bahwa tingkat pertumbuhan suatu perusahaan dapat dilihat dari pertambahan
volume dan peningkatan harga khususnya dalam hal penjualan karena penjualan merupakan
suatu aktivitas yang umumnya dilakukan oleh perusahaan untuk mendapatkan tujuan
yang ingin dicapai yaitu tingkat laba yang diharapkan.Perhitungan tingkat penjualan pada akhir periode dengan
penjualan yang dijadikan periode dasar. Apabila nilai perbandingannya semakin
besar, maka dapat dikatakan bahwa tingkat pertumbuhan penjualan semakin baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar