Senin, 26 Oktober 2015

Variabel penelitian dan pengukurannya


Sesudah variabel penelitian dirumuskan, peneliti harus menyusun alat pengukur yang tepat. Variabel adalah konsep yang mempunyai variasi nilai dimana minimal dapat dibedakan dalam dua atribut, seperti misalnya variabel jenis kelamin yang dipisahkan dalam atribut laki-laki dan perempuan.
Ukuran variabel penelitian dapat dibedakan menjadi empat tingkatan, yakni (Singarimbun dan Effendi,1982):
1. Ukuran nominal
2. Ukuran ordinal
3. Ukuran interval, dan
4. Ukuran rasio.
1. Ukuran Nominal
Dalam ukuran ini tidak ada asumsi tentang jarak maupun urutan antara kategori-kategori dalam ukuran itu. Dasar penggolongan hanyalah kategori yang tidak tumpang tindih (mutually exclusive) dan tuntas (exhaustive). Angka yang diberikan pada suatu kategori tidak merefleksikan bagaimana kedudukan kategori terhadap kategori lainnya, tetapi hanyalah sekedar label. Misalnya variabel jenis kelamin, jenis pekerjaan, agama yang dipeluk, daerah asal.
2. Ukuran oridinal
Ukuran ordinal mengurutkan (rangking) responden dari tingkatan "paling rendah" ke tingkat "paling tinggi" menurut suatu atribut tertentu tanpa ada petunjuk yang jelas tentang berapa jumlah absolut yang dimiliki oleh masing-masing responden tersebut dan berapa interval antara responden yang satu dengan responden lainnya. Misalnya variabel kelas sosial ekonomi, kepangkatan dalam militer, tingkatan kualitas produk,  tingkat kesuburan tanah.
3. Ukuran interval
Ukuran interval adalah ukuran yang tidak semata-mata mengurutkan (rangking) orang atau objek berdasarkan suatu atribut, tetapi juga memberikan informasi tentang interval antara satu orang atau objek dengan orang atau objek lainnya. Tetapi ukuran ini tidak memberikan informasi tentang jumlah absolut atribut yang dimiliki oleh seseorang. Misalnya berat "balita" dihitung dari berat "balita" terendah atau berat rata-rata " balita" (bukan dari titik nol yang sesungguhnya).
4. Ukuran rasio
Ukuran rasio diperoleh apabila selain informasi tentang urutan dan interval antara orang-orang, kita mempunyai informasi tambahan tentang jumlah absolut atribut yang dimiliki oleh salah satu dari orang-orang tersebut. Jadi ukuran rasio adalah suatu bentuk interval yang jaraknya tidak dinyatakan dalam perbedaan dengan angka rata-rata suatu kelompok, tetapi dengan titik nol. Misalnya variabel income, produksi, hasil panen dan sebagainya yang dihitung dari titik nol sejati. 

Tidak ada komentar: