Setiap
organisasi atau lembaga di dalam kegiatannya meningkatkan adanya pencapai
tujuan. Tujuan dari suatu lembaga akan dicapai apabila segala kegiatannya
berjalan efektif. Mewujudkan kegiatan yang efektif akan dapatdilaksanakan
apabila didukung oleh faktor-faktor pendukung efektivitas. Di bawah ini penulis
menguraikan empat faktor yang mempengaruhi efektivitas, yang dikemukakan oleh
Steers (2005): 
1.       
Karakteristik
Organisasi adalah hubungan yang sifatnya relatif tetap seperti  susunan sumber daya manusia yang terdapat
dalam organisasi. Struktur  merupakan cara
yang unik menempatkan manusia dalam rangka menciptakan  sebuah organisasi. Dalam struktur, manusia
ditempatkan sebagai bagian dari  suatu
hubungan yang relatif tetap yang akan menentukan pola interaksi dan  tingkah laku yang berorientasi pada tugas. 
2.       
Karakteristik
Lingkungan, mencakup dua aspek. Aspek pertama adalah  lingkungan ekstern yaitu lingkungan yang
berada di luar batas organisasi dan 
sangat berpengaruh terhadap organisasi, terutama dalam pembuatan
keputusan  dan pengambilan tindakan.
Aspek kedua adalah lingkungan intern yang dikenal  sebagai iklim organisasi yaitu lingkungan
yang secara keseluruhan dalam  lingkungan
organisasi. 
3.       
Karakteristik Pekerja
merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap  efektivitas. Di dalam diri setiap individu
akan ditemukan banyak perbedaan, akan 
tetapi kesadaran individu akan perbedaan itu sangat penting dalam
upaya  mencapai tujuan organisasi. Jadi
apabila suatu rganisasi menginginkan 
keberhasilan, organisasi tersebut harus dapat mengintegrasikan tujuan
individu  dengan tujuan organisasi. 
4.       
Karakteristik Manajemen
adalah strategi dan mekanisme kerja yang dirancang  untuk mengkondisikan semua hal yang di dalam
organisasi sehingga efektivitas 
tercapai. Kebijakan dan praktek manajemen merupakan alat bagi pimpinan untuk  mengarahkan setiap kegiatan guna mencapai
tujuan organisasi. Dalam  melaksanakan
kebijakan dan praktek manajemen harus memperhatikan manusia,  tidak hanya mementingkan strategi dan
mekanisme kerja saja. Mekanisme ini 
meliputi penyusunan tujuan strategis, pencarian dan pemanfaatan atas
sumber  daya, penciptaan lingkungan
prestasi, proses komunikasi, kepemimpinan dan 
pengambilan keputusan, serta adaptasi terhadap perubahan lingkungan
inovasi  organisasi.
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar