(Denis McQuail 2000:17) menjelaskan proses komunikasi massa sekaligus
menjelaskan ciri atau karakteristik komunikasi massa sebagai berikut.
a. Ciri utama yang paling jelas yang dimiliki media massa adalah bahwa institusi
ini dirancang untuk menjangkau masyarakat luas. Potensi audien dipandang
sebagai kumpulan orang dalam jumlah besar yang memiliki sifat tidak saling
27
mengenal satu sama lain. Begitu pula hubungan antara pengirim pesan (sender)
dan penerima pesan (receiver), adalah tidak saling mengenal.
b. Pengirim, dalam hal ini adalah orgnisasi media massa atau komunikator
profesional, seperti wartawan, penyiar, produser, artis, dan sebagainya yang
bekerja untuk organisasi media massa bersangkutan. Pengirim dapat pula
terdiri atas suara-suara di masyarakat yang diberikan kesempatan untuk
menggunakan saluran media massa, baik dengan cara membayar ataupun
gratis, seperti pemasang iklan, politisi, pendakwah, pejabat, dan sebagainya.
c. Hubungan antara pengirim dan penerima bersifat satu pihak (one-sided) dan
tidak ditunjukkan kepada orang-orang tertentu saja (impersonal) dan terdapat
jarak sosial dan jarak fisik yang memisahkan kedudukan pengirim dan
penerima pesan.
d. Pengirim pesan biasanya memiliki lebih banyak otoritas, keahlian dan juga
gengsi (prestige) dibandingkan penerima pesan.
e. antara pengirim dan penerima pesan tidak saja bersifat asimetris, namun juga
kulkulatif dan manipulatif. Pada dasarnya, hubungan antara pengirim dan
penerima pesan adalah bersifat non-moral, yang didsarkan atas jasa yang
disajikan atau diminta melalui kontrak tidak tertulis, namun tidak ada
keharusan untuk menerimanya.
f. Pesan komunikasi masssa memiliki ciri dirancang dengan cara yang sudah
distandarkan (produksi massa) dan kemudian diproduksi dalam jumlah
banyak.pada umumnya pesan media massa merupakan produk kerja yang
28
memiliki nilai tukar di pasaran media dengan nilai kegunaan bagi penermanya,
yaitu konsumen media. Dengan demikian, pesan media merupakan komoditi,
yang dalam hal ini berbeda dengan tipe pesan yang ada pada hubungan
komunikasi lainnya.
g. Audien media massa terdiri atas kumpulan besar orang yang terletak tersebar
dan bersifat pasf karena tidak memiliki kesempatan untuk memberikan respons
atau berpartisipasi dalam proses komunikasi dengan cara yang alami (orisinil).
h. Audien media massa pada umumnya menyadari bahwa mereka adalah bagian
dari audien yang lebih besar, namun mereka memiliki hubungan atau
pengetahuan yang terbatas dengan audien lainnya.
i. Audien yang bersifat massa itu terbentuk untuk sementara waktu karena adanya
hubungan yang bersifat serentak dengan pengirim (sumber), sedangkan
eksistensi audien itu sendiri tidak pernah ada kecuali dalam catatan industri
media
Tidak ada komentar:
Posting Komentar