Penggunaan model Problem Based Learning ini merupakan usaha
seorang guru dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam proses belajar
mengajar, berikut beberapa kelebihan dari model pembelajaran Problem
Based Learning.
Model pembelajaran (Problem Based Learning) ini menurut
Barrow,Min liu (2005):
1. Siswa didorong untuk memiliki kemampuan memecahkan masalah
masalah dalam situasi nyata.
2. Siswa memiliki kemampuan membangun pengetahuannya sendiri
melalui aktivitas belajar.
38
3. Pembelajaran berfokus pada masalah sehingga materi yang tidak ada
hubungannya tidak perlu dipelajari oleh siswa. Hai ini mengurangi
beban siswa dengan menghafal atau menghimpun informasi.
4. Terjadi aktivitas ilmiah pada siswa melalui kerja kelompok.
5. Siswa terbiasa menggunakan sumber-sumber pengetahuan, baik dari
perpustakaan, internet, wawancara, dan observasi.
6. Siswa memiliki kemampuan menilai kemajuan belajarnya sendiri.
7. Siswa memiliki kemampuan untuk melakukan komunikasi ilmiah dalam
kegiatan diskusi atau presentasi hasil pekerjaan mereka.
8. Kesulitan belajar siswa secara individual dapat diatasi melalui kerja
kelompok dalam bentuk Peer Teaching
Tidak ada komentar:
Posting Komentar