Jumat, 28 Februari 2020

Langkah- langkah Pembelajaran Kolase di TK (skripsi dan tesis)

 Dalam Sumanto (2006) langkah-langkah guru dalam mengajar pembuatan kolase di TK adalah :
 1. Guru menyiapkan kertas gambar atau Koran sesuai ukuran yang di inginkan, menyiapkan daun pisang kering untuk di tempelkan, lem dan peralatan lainnya.
 2. Bahan membuat kolase disesuaikan dengan kondisi lingkungan setempat, untuk lingkungan desa gunakan bahan yang mudah di tempelkan. Misalnya daun pisang kering, batang pisang kering dan lainnya. Untuk lingkungan kota gunakan bahan buatan, bahan limbah, barang bekas dengan pertimbangan lebih mudah digunakan.
 3. Guru memandu langkah kerja membuat kolase dimulai dari, menyiapkan bahan yang akan ditempelkan, memberi lem pada bahan yang akan ditempelkan dan cara menempel bahan yang telah diberi lem sampai menjadi kolase. 
4. Guru di harapkan juga mengingatkan pada anak agar dapat melakukannya dengan tertib dan setelah selesai merapikan atau membersihkan tempat belajar. 
5. Selama kegiatan berlangsung guru sebagai peneliti dan kolaborator berkeliling mengamati kerja anak. Selain itu guru memberi motivasi kepada anak agar mampu membuat hasil karya sesuai keinginannya.Serta mendampingi dan memberi motivasi dan semangat kepada anak sampai anak bisa menciptakan karya yang sesuai dengan imajinasinya. 
6. Guru menghargai ide anak dengan memberikan penguatan dan reward, berupa acunga jempol, tanda bintang dan sebagainya kepada anak saat kegiatan berlangsung sehingga anak lenih termotivasi.

Tidak ada komentar: