Model Kemmis & Teggart dalam Sofyan (2014:110) kegiatan pokok
fokus penelitian tindakan terdiri dari (1) Planning, (2) Acting, (3) Observing,
(4) Reflecting,
Planning :
1. Mempelajari aspek-aspek perkembangan yang akan dikembangkan di
TK
2. Mempelajari kurikulum TK
3. Mengembangkan tematik yang sesuai dengan perkembangan anak
4. Mempersiapkan permainan sesuai dengan tema
5. Membuat RKM
6. Membuat RKH
7. Menyiapkan media pembelajaran yang diperlukan sesuai tema
8. Menyiapkan sumber belajar
9. Mengembangkan format observasi
10. Mengembangkan format evaluasi
Acting :
1. Melaksanakan kegiatan pembelajaran berdasarkan perencanaan
2. Melaksanakan pengamatan mengenai isi tindakan
3. Mengumpulkan data perlengkapan lain yang mendukung
1. Melakukan observasi dengan format observasi
2. Mengamati kegiatan pembelajaran, pengamatan, berperan serta,
peneliti terlibat langsung selama kegiatan berlangsung
Reflecting I :
1. Mengamati perubahan yang terjadi pada siswa setelah terjadi tindakan
2. Mengadakan pertemuan untuk membahas hasil tindakan
3. Evaluasi
Planning :
1. Merevisi dan memodifikasi pembelajaran sesuai dengan hasil tindakan
siklus I
Acting :
1. Mengaplikasian pembelajaran sesuai dengan perencanaan yang ke II
Observing II
1. Mengamati kegiatan pembelajaran sesuai dengan siklus perencanaan
yang kedua
2. Mengumpulkan data tindakan yang kedua
Reflecting II
1. Mengamati perubahan yang terjadi pada siswa setelah dilakukan
tindakan kedua
2. Evaluasi tindakan yang kedua
Tidak ada komentar:
Posting Komentar