Penelitian tindakan kelas merupakan terjemahan dari classroom action
research, yaitu satu action research yang dilakukan dikelas. Penelitian
tindakan kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam
kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki
kinerjanya sebgai guru, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan
dengan baik dan hasil belajar siswa meningkat.
Action research digunakan untuk menemukan pemecahan masalah
yang dihadapi seseorang dalam tugasnya sehari-hari dimanapun tempatnya
di kelas, di kantor, di rumah sakit dan seterusnya. Dilihat dari runag
lingkup, tujuan metode dan prakteknya, action research dapat dianggap
sebagai penelitian micro. Action research adalah penelitian yang bersifat
partisipatif dan kolaboratif. Maksudnya, penelitiannya dilakukan sendiri
oleh peneliti, dan diamati oleh rekan-rekannya.
Action research mendorong para guru agar memikirkan apa yang
mereka lakukan sehari-hari dalam menjalankan tugasnya, membuat para
guru kritis terhadap apa yang mereka lakukan tanpa bergantung pada teori
yang muluk-muluk yang bersifat universal yang ditemukan oleh para pakar
penelitian yang seringkali tidak cocok dengan situasi dan kondisi kelas.
Keterlibatan peneliti action research dalam penelitiannya sendiri itulah
yang membuat dirinya menjadi pakar peneliti untuk kelasnya dan
keperluan sehari-harinya dan tidak membuat ia tergantung pada para pakar
peneliti yang tidak tahu mengenai masalah-masalah kelasnya sehari-hari
(Hamzah B.Uno dkk, 2011: 51)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar