Selasa, 30 Juli 2019

Pengaruh Struktur Aktiva Terhadap DER (skripsi dan tesis)


Pemilihan jenis aktiva oleh suatu perusahaan akan mempengaruhi struktur modal perusahaan. Dengan proporsi aktiva besar akan menyebabkan perusahaan mempunyai tingkat leverage yang lebih tinggi. Karena, aktiva yang besar merupakan jaminan yang baik bagi pemberi pinjaman. Sehingga, kepemilikan aktiva tersebut juga dapat menjaga nilai likuiditas perusahaan (Putri, 2012: 8).
Namun, disisi lain asset perusahaan yang banyak menunjukkan kekayaan perusahaan. Dengan adanya asset yang besar maka modal internal perusahaan tinggi. Hal ini, mengguntungkan perusahaan ketika dilikuidasi dengan adanya kekayaan internal yang melimpah maka akan dapat menutupi utang.
Aktiva yang digunakan suatu perusahaan dalam aktivitas operasinya hingga tingkat tertentu, menentukan sumber pendanaan. Aktiva jangka panjang dibiayai perusahaan dengan modal sendiri, namun dapat juga dibiayai dengan mengunakan modal utang. (Wild et.,all, 2004: 222).
Sehingga, struktur asset yang mengalami peningkatan akan mengakibatkan kenaikan pada utang (Finky et.all, 2013: 10). Dikarenakan, asset dapat digunakan sebagai jaminan utang. Sehingga, pemberi kredit akan merasa lebih aman apabila perusahaan tidak dapat melunasi utangnya, ia akan menyita assetnya.

Tidak ada komentar: