Rabu, 31 Juli 2019

Signalling Theory (skripsi dan tesis)


Signalling theory (teori sinyal) yang diperkenalkan oleh Holthausen ini merupakan teori yang menekankan pada perspektif informasi untuk memberikan “sinyal-sinyal” kepada investor melalui laporan keuangan yang dikeluarkan oleh pihak manajer perusahaan untuk membantu mereka dalam membuat suatu keputusan (Godfrey dkk., 1997). Dari informasi akuntansi inilah, investor dapat mengetahui bagaimana perubahan kinerja suatu perusahaan yang terjadi setiap periodenya sehingga dapat menimbulkan dampak terhadap nilai perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, terdapat konsekuensi atas informasi yang disajikan dalam laporan keuangan perusahaan, di mana akan berkorelasi positif terhadap nilai saham dan jumlah investor yang menanamkan dananya apabila terdapat “berita baik” disajikan dan akan berlaku sebaliknya, apabila yang disajikan dianggap memiliki “berita buruk”.
Dalam sektor perbankan syariah pun, laporan keuangan turut memegang peranan penting dalam hal menyampaikan informasi mengenai keadaan perbankan tersebut. Salah satu caranya adalah dengan melakukan penilaian terhadap tingkat kesehatan perbankan yang dianggap penting bagi
kehidupan perekonomian secara keseluruhan (Yuksel et. al., 2015). Terlebih lagi, pertumbuhan dan stabilitas keuangan suatu negara juga bergantung pada tingkat kesehatan dari sektor perbankan, maka penilaian tersebut perlu dilakukan (Prasad & Ravinder, 2012). Oleh karena adanya penjelasan yang terdapat dalam signaling theory yang menyatakan bahwa adanya keterkaitan antara informasi keuangan dan keputusan investor serta stakeholders lainnya saat menempatkan investasinya, maka teori ini dianggap mendukung penelitian yang dilakukan.

Tidak ada komentar: