Selasa, 30 Juli 2019

Struktur Modal (skripsi dan tesis)


Sartono (2010: 225) menyatakan struktur modal merupakan perimbangan utang jangka pendek yang bersifat permanen, utang jangka panjang, saham preferen serta saham biasa. Struktur modal merupakan bagian dari struktur keuangan yang berupa perimbangan antara total utang dan modal sendiri. Sedangkan menurut Horne dan Wachowicz (2001: 16) struktur modal merupakan proporsi pendanaan permanen jangka panjang perusahaan yang diwakili oleh utang, saham preferen, dan ekuitas saham biasa.
Teori struktur modal berkaitan dengan bagaimana modal dialokasikan dalam aktivitas investasi, aktiva rill perusahaan, dengan cara menentukan struktur modal antara modal utang dan modal sendiri. Keputusan pendanaan oleh manajemen akan berpengaruh pada penilaian perusahaan yang terefleksi di harga saham. Oleh karena itu, salah satu tugas manajemen keuangan adalah menentukan kebijakan pendanaan yang dapat memaksimalkan harga saham merupakan cermin dari suatu nilai perusahaan dengan menentukan struktur modal optimal untuk menunjang kegiatan investasi perusahaan (Harmono, 2011: 137).
 Struktur modal menurut (Fahmi, 2014: 176) dibagi menjadi dua: Pertama, simple capital structure yaitu jika perusahaan hanya menggunakan modal sendiri saja dalam struktur modalnya. Kedua, complex capital structure yaitu jika perusahaan tidak hanya menggunakan modal sendiri tetapi juga menggunakan modal pinjaman dalam struktur modalnya

Tidak ada komentar: