Rabu, 31 Juli 2019

Konsep Dasar Corporate Social Responsibility (CSR) (skripsi dan tesis)

Corporate Social Responsibility (CSR) dan lingkungan adalah dua isu utama yang harus diperhatikan oleh perusahaan, tanggung jawab sosial perusahaan merupakan tanggung jawab perusahaan yang di dasari 3 prinsip yang dikenal sebagai Triple Bottom Line oleh Elkington (1997) dalam Wibisono (2007), dengan penjelasan sebagai berikut :
  1. Profit
Profit adalah unsur terpenting dan menjadi tujuan utama dalam setiap kegiatan usaha. Perusahaan harus terus mendongkrak profit dengan kegiatan produktivitas dan melakukan efisiensi biaya, sehingga perusahaan memiliki keunggulan kompetitif, yang dapat memberikan nilai tambah.
  1. People
Masyarakat disekitar perusahaan merupakan stakeholder penting dalam perusahaan, karena dukungan masyarakat sangat berdampak pada kelangsungan dan perkembangan perusahaan. Maka sebagai bentuk yang tidak terpisahkan perusahaan perlu berkomitmen untuk berupaya memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat.
  1. Planet
Hubungan perusahaan dengan lingkungan adalah hubungan sebat akibat, jika perusahaan merawat lingkungan, maka lingkungan akan memberikan manfaat kepada perusahaan.

Tidak ada komentar: