Menurut Martin dan Nicholss ( dalam Srimulyani, 2009:15-20), ada tiga pilar
besar dalam komitmen. Ketiga pilar itu meliputi:
1. Perasaan memiliki perusahaan (A sense of belonging to the organization)
Untuk mencapai rasa mmiliki tersebut maka salah satu pihak dalam
manajemen harus mampu membuat karyawan: a) mampu
mengidentifikasikan dirinya terhadap organisasi ; b) merasa yakin bahwa apa
yang dilakukannya adalah berharga bagi organisasi tersebut; c) merasa
nyaman dengan organisasi tersebut; d) merasa mendapat dukungan yang
penuh dari organisasi tersebut dalam bentuk misi yang jelas; nilai – nilai yang
ada; dan norma – norma yang berlaku.
2. Perasaan bergairah terhadap pekerjaan (A sense of excitement in the job)
Perasaan seperti ini bisa muncul dengan cara : a) mengenali faktor – faktor
motivasi instrinsik dalam mengatur desain pekerjaan; b) kualitas
kepemimpinan; c) kemauan manajer dan supervisor untuk mengenali bahwa
motivasi dan komitmen bisa meningkat bila ada perhatian terus-menerus.
3. Pentingnya rasa memiliki (ownership)
Rasa memiliki bisa muncul jika pegawai merasa bahwa benar-benar diterima
menjadi bagian atau kunci penting dari organisasi. Konsep penting dari
ownership akan meluas dalam bentuk partisipasi dalam membuat keputusankeputusan dalam mengubah praktik kerja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar