Sabtu, 10 April 2021

Faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja Karyawan (skripsi dan tesis)


Kinerja karyawan dipengaruhi oleh sejumlah faktor antara lain:
menurut Sutermeister, (1999) dalam Zaldi Aknmal, A. Rahman Lubis dan
Mukhlis Yunus, (2012) terdiri dari motivasi, kemampuan, pengetahuan,
keahlian, pendidikan, pengalaman, pelatihan, minat, sikap kepribadian
kondisi-kondisi fisik dan kebutuhan fisiologis, kebutuhan sosial dan
kebutuhan egoistik. Sedangkan menurut Mahsun, (2006) ada beberapa
elemen pokok yang mempengaruhi kinerja, yaitu :
1) Menetapkan tujuan, sasaran, dan strategi organisasi.
2) Merumuskan indikator dan ukuran kinerja.
3) Mengukur tingkat ketercapaian tujuan dan sasaran-sasaran
organisasi.
4) Evaluasi kinerja/feed back, penilaian kemajuan organisasi,
meningkatkan kualitas pengambilan keputusan dan akuntabilitas.
Menurut Mangkunegara, (2006) dalam Zaldi Aknmal, A.
Rahman Lubis dan Mukhlis Yunus, (2012) terdapat aspek-aspek
standar pekerjaan yang terdiri dari aspek kuantitatif dan aspek
kualitatif meliputi :
a) Aspek kuantitatif yaitu:
(1) Proses kerja dan kondisi pekerjaan
(2) Waktu yang dipergunakan atau lamanya melaksanakan
pekerjaan
(3) Jumlah kesalahan dalam melaksanakan pekerjaan
(4) Jumlah dan jenis pemberian pelayanan dalam bekerja
b) Aspek kualitatif yaitu :
(1) Ketepatan kerja dan kualitas pekerjaan
(2) Tingkat kemampuan dalam bekerja
(3) Kemampuan menganalisis data/informasi, kemampuan/
kegagalan menggunakan mesin/peralatan.
(4) Kemampuan mengevaluasi (keluhan/keberatan
konsumen/masyarakat)

Tidak ada komentar: