Jumat, 30 Desember 2022

Ruang Lingkup Aktivitas Public Relations dalam Sebuah Organisasi (skripsi, tesis, disertasi)


Keberadaan Public Relations saat ini sangat dibutuhkan bagi setiap
organisasi ataupun lembaganya. Adapun ruang lingkup organisasi/
lembaga antara lain meliputi aktivitas:12
1) Membina hubungan ke dalam (Publik Internal)
Yang dimaksud dengan publik internal adalah publik yang
menjadi bagian dari unit/badan/perusahaan atau organisasi itu sendiri.
Seorang Public Relations harus mampu mengidentifikasi atau
mengenali hal-hal yang menimbulkan gambaran negatif di dalam
masyarakat, sebelum kebijakan itu dijalankan oleh organisasi.
2) Membina hubungan keluar (Publik Eksternal)
Yang dimaksud public ekternal adalah publik umum
(masyarakat), Mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik
yang positif terhadap lembaga yang diwakilinya.
Selain ruang lingkup Public Relations, ada juga beberapa kegiatan
sasaran PR diantaranya: pertama membangun identitas dan citra
perusahaan (building corporate identity), yakni dengan menciptakan
identitas dan citra perusahaan yang positif dan mendukung kegiatan
komunikasi timbal balik dua arah dengan berbagai pihak. Kedua,
menghadapi krisis (Facing of Crisis), yakni dengan menangani keluhan
(complaint) dan menghadapi krisis yang terjadi dengan membentuk
manajemen krisis dan PR recovery of image yang bertugas memperbaiki lost of image and damage. Ketiga, mempromosikan aspek kemasyarakatan
(Promotion public causes), yakni dengan mempromosikan yang
menyangkut kepentingan publik, mendukung kegiatan kampanye sosial anti
merokok, serta menghindari obat-obatan terlarang, dan sebagainya

Tidak ada komentar: