Jumat, 30 Desember 2022

Kinerja UMKM (skripsi, tesis, dan disertasi)

Menurut (Kotler, P., & Keller, 2016)kinerja usaha sangat dipengaruhi oleh kemampuan perusahaan dalam menciptaakan nilai bagi pelanggannya. Kinerja adalah merujuk pada tingkat pencapaian atau prestasi dari perusahaan dalam periode waktu tertentu. Kinerja sebuah perusahaan adalah hal yang sangat menentukan dalam perkembangan perusahaan. Tujuan perusahaan yang terdiri dari: tetap berdiri atau eksis (survive), untuk memperoleh laba (benefit) dan dapatberkembang (growth), dapat tercapai apabila perusahaan tersebut mempunyai performa yang baik. Menurut (Schwab, 2017)agar di era disrupsi teknologi perusahaan dapat mencapai kinerja yang tinggi, perusahaan dapat menggabungkan 3 (tiga) hal, yaitu: 1) fisik, yaitu memanfaatkan aset yang dimiliki seperti: peralatan, perlengkapan, dan modal finansial, 2) digital, menggunakan teknologi informasi untuk e-commerce atau e-business, sistem informasi atau aplikasi pencatatan keuangan, dan 3) biologis, artinya sumber daya manusia yang mengelolanya. 
Kinerja UMKM dapat dilihat dari beberapa hal yaitu dimulainya kesempatan kerja yang sangat penting dalam melihat baik tidaknya suatu usaha. Dengan demikian, semakin besar jumlah tenaga kerja yang terserap maka semakin besar pula peran UMKM dalam mengatasi permasalahan tersebut. Begitu juga dengan produktivitas, dengan meningkatkan tenaga kerja yang digunakan juga meningkatkan produktivitas, kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) juga dapat meningkatkan pendapatan negara, dalam hal ini baik dari penjualan dalam negeri maupun luar negeri (ekspor). UMKM dikatakan berhasil jika pendapatannya terus meningkat, hal ini dipengaruhi oleh peningkatan penjualan. Dengan peningkatan penjualan secara langsung mempengaruhi kinerja UMKM (Syarifah et al., 2020).

Tidak ada komentar: