Jumat, 30 Desember 2022

Fungsi Public Relations di Sebuah Lembaga atau Perusahaan (skripsi, tesis, disertasi)


Fungsi utama yang dilakukan oleh Public Relations dalam
organisasinya meliputi berbagai bidang dan segi. Fungsi Public Relations
yang paling utama adalah menumbuhkan dan mengembangkan hubungan
baik antara lembaga/organisasi dengan publiknya, baik public intern
maupun public extern dalam rangka mananamkan pengertian. Menilai dan
menentukan pendapat umum yang berkaitan dengan organisasinya.
Memberikan saran kepada pemimpin tentang cara-cara mengendalikan
pendapat umum sebagaimana mestinya, menumbuhkan motivasi dan
partisipasi publik dalam rangka menciptakan iklim pendapat publik yang
menguntungkan organisasi/lembaga. Menggunakan komunikasi untuk
mempengaruhi pendapat umum.8
Menurut pakar Humas Internasional, Cutlip & Centre, and
Canfield (1982) fungsi humas dapat dirumuskan sebagai berikut:9
menunjang aktivitas utama manajemen dalam mencapai tujuan bersama
(fungsi melekat pada manajemen lembaga/organisasi). Membina hubungan
yang harmonis antara badan/organisasi dengan publiknya yang merupakan khalayak sasaran. Mengidentifikasi segala sesuatu yang
berkaitan dengan opini, persepsi, dan tanggapan masyarakat terhadap
badan/organisasi yang diwakilinya, atau sebaliknya. Melayani keinginan
publiknya dan memberikan sumbang saran kepada pimpinan manajemen
demi tujuan dan manfaat bersama. Menciptakan komunikasi dua arah
timbal balik, dan mengatur arus informasi, publikasi serta pesan dari
badan/organisasi ke publiknya atau sebaliknya, demi tercapainya citra
positif bagi kedua belah pihak

Tidak ada komentar: