Sabtu, 11 November 2023

Indikator Kompetensi


Kompetensi adalah kecakapan (skills), kemampuan (abilities), dan
pengetahuan (knowledge) yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu tugas
spesifik, juga merupakan seperangkat perilaku atau perbuatan seseorang
yang meliputi kemampuan, keterampilan dan pengetahuan.
Francoise (2005) dalam Kagaari dan Munene (2008) menyatakan
terdapat empat klasifikasi dimensi kompetensi secara universal, yaitu :

  1. Kompetensi kognitif
    Kompetensi kognitif menjelaskan mengenai tingkat pengetahuan
    seorang karyawan. Tingkat pengetahuan individu membantu pekerja
    untuk memperoleh kompetensi lainnya yang dibutuhkan oleh pekerja.
  2. Kompetensi fungsional
    Kompetensi fungsional menjelaskan mengenai tingkat keterampilan
    seorang karyawan.
  3. Kompetensi sosial
    Kompetensi sosial menjelaskan mengenai bagaimana kebiasaan dan
    perilaku seorang karyawan.
  4. Kompetensi meta
    Kompetensi meta berhubungan dengan kemampuan untuk memperoleh
    sebuah kompetensi melalui pengetahuan individu itu sendiri.
    Menurut Sutrisno (2011:204) Indikator kompetensi sebagai berikut :
  5. Pengetahuan, yaitu tingkat pengetahuan seorang karyawan mengenai
    pekerjaan dan keterampilan atau teknis yang digunakan pada pekerjaan.
  6. Pemahaman, yaitu seorang karyawan dalam melaksanakan pekerjaan
    harus mempunyai pemahaman yang baik tentang karateristik dan
    kondisi kerja secara efektif dan efisien.
  7. Keterampilan/Keahlian, yaitu kemampuan yang dimiliki oleh individu
    untuk melaksanakan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepadanya.
  8. Pendidikan, yaitu latar belakang pendidikan yang menyangkut kegiatan
    guna mencapai tujuan.
  9. Pengalaman kerja, yaitu suatu dasar seorang karyawan dapat
    menempatkan diri, mampu menghadapi tantangan dengan penuh
    tanggung jawab serta menghasilkan individu yang kompeten dalam
    bidangnya,karyawan dengan pengalaman kerja akan lebih mudah dalam
    melaksanakan pekerjaannya.
    Kompetensi yang dimiliki karyawan akan menunjang kinerja
    karyawan, semakin baik kompetensi yang dimiliki karyawan maka kinerja
    karyawan akan meningkat dan karyawan yang menunjukkan kompetensi
    lebih tinggi maka akan dapat hasil yang lebih baik.

Tidak ada komentar: