Kompetensi merupakan perpaduan
dari pengetahuan, nilai dan sikap yang diekspresikan dalam kebiasaan berfikir
dan bertindak. Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan
kemempuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya.
Sehingga ia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, afektif dan
psikomotorik dengan sebaik-baiknya. Beberapa aspek yang terkandung dalam
kompetensi sebagai berikut:
a. Pengetahuan (Knowledge) yaitu suatu kesadaran dalam bidang kognitif.
b.
Pemahaman
(Understanding) yaitu kedalaman
kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu.
c.
Kemampuan
(Skill) yaitu sesuatu yang dimiliki
oleh individu untuk melakukan tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepada
peserta didik.
d.
Nilai
(Value) yaitu suatu standar perilaku
yang telah diyakini dan secara psikologis telah menyatu dalam diri seseorang.
e.
Siakap
(Attitude) yaitu perasaan (senang
atau tidak senang) atau reaksi
terhadap suatu rangsangan yang datang dari luar.
f.
Minat
(Interest) yaitu kecenderungan
seseorang untuk melakukan suatu perbuatan.
Berdasarkan pengertian kompetensi diatas,
Kurikulum Berbasis Kompetensi menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan
sesuatu (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performans tertentu, sehingga
hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa perasaan terhadap
seperangkat kompetensi tertentu dengan penuh tanggung jawab (Mulyasa, 2003).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar