Sabtu, 24 November 2012

Judul Skripsi Pendidikan: Kurikulum Berbasis Kompetensi

Kompetensi merupakan perpaduan dari pengetahuan, nilai dan sikap yang diekspresikan dalam kebiasaan berfikir dan bertindak. Kompetensi diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan dan kemempuan yang dikuasai oleh seseorang yang telah menjadi bagian dari dirinya. Sehingga ia dapat melakukan perilaku-perilaku kognitif, afektif dan psikomotorik dengan sebaik-baiknya. Beberapa aspek yang terkandung dalam kompetensi sebagai berikut:
 a.       Pengetahuan (Knowledge) yaitu suatu kesadaran dalam bidang kognitif.
b.      Pemahaman (Understanding) yaitu kedalaman kognitif dan afektif yang dimiliki oleh individu.
c.       Kemampuan (Skill) yaitu sesuatu yang dimiliki oleh individu untuk melakukan tugas dan pekerjaan yang dibebankan kepada peserta didik.
d.      Nilai (Value) yaitu suatu standar perilaku yang telah diyakini dan secara psikologis telah menyatu dalam diri seseorang.
e.       Siakap (Attitude) yaitu perasaan (senang atau tidak senang) atau reaksi terhadap suatu rangsangan yang datang dari luar.
f.        Minat (Interest) yaitu kecenderungan seseorang untuk melakukan suatu perbuatan.
Berdasarkan pengertian kompetensi diatas, Kurikulum Berbasis Kompetensi menekankan pada pengembangan kemampuan melakukan sesuatu (kompetensi) tugas-tugas dengan standar performans tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik, berupa perasaan terhadap seperangkat kompetensi tertentu dengan penuh tanggung jawab (Mulyasa, 2003).

Tidak ada komentar: