Merek adalah nama, istilah, simbol atau kombinasi
hal-hal tersebut, yang bertujuan untuk mengidentifikasi barang atau jasa dari
sekelompok penjual dan untuk membedakannya dari produk pesaing. Sebuah merek
merupakan janji pemasar untuk menjanjikan sebentuk fitur, manfaat dan layanan
kepada pembeli secara konsisten. Merek dapat disampaikan dalam 6 level
pengertian (Kotler, 2000) yaitu:
1.
Atribut : sebuah merek membawa
atribut-atribut tertentu
2.
Manfaat :
atribut diperlukan untuk diterjemahkan menjadi manfaat fungsional
dan/emosional.
3.
Nilai :
merek juga menyatakan sesuatu tentang nilai produk.
4.
Budaya : merek dapat mewakili sebuah budaya
tertentu.
5.
Kepribadian :
merek dapat mencerminkan kepribadian tertentu.
6.
Pengguna : merek menunjukan jenis konsumen yang membeli
atau menggunakan produk tersebut.
Penciptaan sebuah merek mengimplikasikan
pengkomunikasian sebuah citra merek (brand
image) tertentu melalui cara-cara tertentu, kepada target pasar yang
mengkaitkan sebuah merek dengan seperangkat asosiasi tertentu.
Meenaghan (1995) berpendapat bahwa sebuah produk
adalah sesuatu yang bersifat fisik, sementara merek tidak memiliki penampakan
fisik, tetapi ia nyata sebagaimana produk. Merek muncul seperti sebuah mitos di
dalam imajinasi konsumen.
Citra merek mengacu pada schematic memory dari sebuah merek, yang meliputi interpretasi
target pasar pada atribut produk, manfaat, situasi penggunaan, pengguna dan
karakteristik perusahaan. Hal ini juga berkaitan dengan apa yang kita pikirkan
dan rasakan ketika kita mendengar atau melihat suatu nama merek. Seberapa kuat
suatu citra merek? Untuk sebagian besar konsumen merek-merek seperti Coca-Cola,
Mc Donalds, Oil of Olay, Microsoft dan Calvin Klein dapat membangkitkan pola
yang kaya akan arti dan perasaan (Hawkins, Best & Coney, 1998)
Menurut Schiffman dan Kanuk (2000) ketika seorang
konsumen tidak mempunyai pengalaman dengan sebuah produk, mereka cenderung
untuk mempercayai merek yang terkenal adalah bagus dan bernilai serta secara tidak langsung memberikan
jaminan akan kualitas, keandalan dan jasa pelayanan yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar