Sabtu, 24 November 2012

Judul Skripsi Pendidikan: Sumber Belajar

Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan dalam proses belajar mengajar (Mulyasa, 2003).
Lingkungan alam sekitar dapat dimungkinkan untuk digunakan sebagai sumber belajar mengingat Biologi adalah ilmu yang mempelajari makluk hidup. Objek dan permasalahan Biologi banyak ditemukan di sekitar kita. Lingkungan yang mencakup lingkungan sosial, lingkungan budaya, dan juga lingkungan alam merupakan sumber belajar dan sekaligus masukan lingkungan. Pengaruh lingkungan sangat besar dalam kegiatan lapangan       (di lingkungan) sebagai alternatif sumber belajar,  perlu dilakukan beberapa pendekatan. Pendekatan tersebut diantaranya adalah pendekatan inquiry, ketrampilan proses dan pendekatan lingkungan. Dengan dilakukannya pendekatan tersebut, diharapkan siswa dapat memahami maksud kegiatan yang diselenggarakan dan dicapai tujuan yang diharapkan. Kaitannya dengan pemilihan bahan ajar, maka seorang guru harus memilih dan menentukan keleluasaannya (scope) dan pencapaiannya (sequence). Pembatasan materi atau bahan dimaksudkan bahwa bahan yang akan diberikan kepada siswa benar-benar sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan sebelumnya (Susilo, 2004).
Muhroji dalam Susilo (2004) menjelaskan bahwa untuk memilih bahan pengajaran harus memiliki syarat-syarat sebagai berikut :
a.       Relevan; relevan dengan lingkungan siswa, relevan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, relevan dengan dunia kerja, relevan dengan perkembangan kehidupan sekarang dan masa mendatang.
b.      Efektif; sejauh mana tujuan dapat dicapai dengan bahan tersebut.
c.       Efisien; dimana tujuan dapat dicapai dengan bahan yang seminimal mungkin.
d.      Kontinuitas; bahan yang diberikan berkesinambungan dengan bahan sebelumnya.
e.       Fleksibilitas; dalam penyampaian bahan dapat dilakukan secara fleksibel sesuai dengan situasi dan kondisi.

Tidak ada komentar: