Sabtu, 24 November 2012

Judul Skripsi Kedokteran: Pengaruh Sampah terhadap Kesehatan Masyarakat dan Lingkungan

Ada dua hal pengaruh pengelolaan sampah yaitu:
1.      Pengaruh positif
a.       Sampah dapat dimanfaatkan untuk menimbun lahan semacam rawa-rawa dan dataran rendah.
b.      Sampah dapat dimanfaatkan untuk pupuk.
c.       Sampah dapat diberikan untuk makanan ternak setelah menjalani proses pengelolaan yang telah ditentukan lebih dahulu untuk mencegah pengaruh buruk sampah tersebut terhadap ternak.
d.      Pengelolaan sampah menyebabkan berkurangnya tempat untuk berkembang biak serangga atau binatang pengerat.
e.       Menurunkan insidensi kasus penyakit menular yang erat hubungannya dengan sampah.
f.       Keadaan estetika lingkungan yang bersih menimbulkan kegairahan hidup masyarakat.
g.      Keadaan lingkungan yang baik mencerminkan kemajuan budaya masyarakat.
h.      Keadaan lingkungan yang baik akan menghemat pengeluaran dana kesehatan suatu negara sehingga dana tersebut dapat digunakan untuk keperluan lain (Budiman Chandra, 2007: 121-122).
2.      Pengaruh negatif
a.       Polusi udara berupa bau yang sangat menyengat akibat proses pembusukan bahan organik. Polusi bau terjadi mulai dari sumber sampah, kemudian di sepanjang jalan dari sumber sampah ke TPA dan lokasi TPA itu sendiri.
b.      Polusi udara berupa asap. Hal ini disebabkan oleh kegiatan pembakaran sampah. Dampaknya juga berakibat ke pencemaran bau, pandangan terhalang, serta partikulat karbon melayang di udara yang akan membahayakan kesehatan paru-paru.
c.       Polusi air berupa keluarnya air leachate akibat air hujan mencuci sampah yang sudah busuk serta segala kotoran yang terjerap di dalamnya. Air tersebut ada yang mengalir di permukaan tanah yang dampaknya mengotori jalan dan kampung sehingga menimbulkan bau dan penyakit.
d.      Polusi terhadap tanah yang menyebabkan tanah bekas TPA akan dijenuhi garam-garam mineral sehingga tingkat salinitasnya sangat tinggi. Membutuhkan waktu yang lama untuk memulihkannya kembali untuk tujuan lahan pertanian.
e.       Ditinjau dari aspek sosial ekonomi, seluruh areal hamparan TPA dalam radius 2 km, termasuk jalan menuju TPA dikategorikan sebagai daerah polusi. Dampaknya adalah harga jual tanah di daerah tersebut menjadi turun (Sudradjat, 2006: 71-72).

Tidak ada komentar: