Sabtu, 11 November 2023

Pengertian Kepuasan Kerja


Organisasi merupakan wadah tempat berkumpulnya orang-orang
yang melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam rangka pencapaian tujuan,
suatu organisasi yang berhasil dalam mencapai tujuannya adalah
organisasi yang mampu memenuhi kepuasan kerja karyawannya.
Kepuasan kerja pada dasarnya merupakan sesuatu yang bersifat
individual. Setiap individual memiliki tingkat kepuasan yang berbedabeda, secara garis besar kepuasan kerja dapat diartikan sebagai hal yang
menyenangkan atau tidak menyenangkan karyawan dalam memandang
pekerjaannya (Sahlan,dkk.,2015). Menurut Sutrisno (2014:73) kepuasan
kerja menjadi masalah yang cukup penting, karena terbukti besar
manfaatnya bagi individu, industry dan masyarakat.
Karyawan yang merasa puas terhadap pekerjaannya dan
menganggap pekerjaannya sebagai sesuatu yang menyenangkan akan
cenderung memiliki kinerja yang baik. Menurut Handoko (2012:193)
menyatakan kepuasan kerja (job satisfaction) adalah keadaan emosional
yang menyenangkan atau tidak menyenangkan dengan mana para
karyawan memandang pekerjaan mereka. Menurut Hasibuan (2013:202)
kepuasan kerja adalah sikap emosional karyawan yang menyenangkan dan
mencintai pekerjaannya.

Tidak ada komentar: