Jumat, 10 November 2023

Pengaruh Leverage terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure


Leverage keuangan mengacu pada jumlah pendanaan utang (yang)
memberikan pengembalian tetap) dalam struktur modal perusahaan. Dalam
hubungannya dengan CSR, struktur modal dari sebuah perusahaan dapat
mempengaruhi pengeluaran atas biaya CSR. Belkaoui dan Karpik (1989) dalam
Rusdianto (2013:46) menyatakan bahwa keputusan untuk mengungkapkan
informasi sosial akan mengikuti suatu pengeluaran untuk pengungkapan yang
menurunkan pendapatan. Manajemen perusahaan dengan tingkat leverage yang
tinggi akan mengurangi pengungkapan tanggung jawab sosial yang dibuatnya
agar tidak menjadi sorotan dari para debtholders.
Jensen (1986) dalam Inayah dan Anies (2010) menyatakan bahwa saat
perusahaan mempunyai utang bunga yang tinggi, kemampuan manajemen untuk
berinvestasi lebih pada program CSR adalah terbatas. Perusahaan dengan rasio
leverage yang lebih tinggi berusaha menyampaikan lebih banyak informasi
sebagai instrumen untuk mengurangi monitoring costs bagi investor. Mereka
memberikan informasi yang lebih detail dalam laporan tahunan untuk memenuhi
kebutuhan tersebut dibandingkan dengan perusahaan yang leverage-nya lebih
rendah. Namun pendapat lain menyatakan bahwa perusahaan yang memiliki
proporsi utang lebih tinggi dalam struktur modal akan mempunyai biaya keagenan
yang lebih tinggi. Semakin tinggi leverage perusahaan, semakin tinggi
kemungkinan transfer kemakmuran dari kreditur kepada pemegang saham dan
manajer (Meek et al, 1995 dalam Inayah dan Anies, 2010), Oleh karena itu,
perusahaan yang mempunyai leverage tinggi mempunyai kewajiban lebih untuk
memenuhi kebutuhan informasi kreditur jangka panjang (Wallace et al, 1994
dalam Inayah dan Anies, 2010). Dengan semakin tinggi leverage, yang mana akan
menambah beban tetap perusahaan, maka untuk program corporate social
responsibility menjadi terbatas atau semakin tinggi leverage, maka semakin
rendah program corporate social responsibility. Pernyataan tersebut didukung
oleh hasil peneltian dari Adawiyah (2013) yang menyatakan bahwa ukuran
perusahaan berpengaruh positif terhadap adanya pengungkapan CSR.

Tidak ada komentar: