Menurut
Rentz et al., (2002) kategori dimensi keterampilan menjual (selling skills) dibagi menjadi tiga
bagian diantaranya Interpersonal Skills, Salesmanship
Skills dan Technical Skills.
a)
Interpersonal
Skills
Keterampilan tenaga
penjual (Sales Skills) yang pertama
adalah Interpersonal Skills yang merupakan
keterampilan dalam merumuskan suatu persoalan atau solusi secara tepat. Ada beberapa
aspek dalam Interpersonal Skills diantaranya
kemampuan untuk mengekpresikan diri, kemampuan berbicara di depan umum, kemampuan
untuk mengontrol emosi dan kemampuan untuk mempengaruhi pelanggan. Beberapa
aspek tersebut diperlukan ketikatenaga penjual melakukan komunikasi
daninteraksi dengan pelanggan
b)
Salesmanship
Skills
Salesmanship
Skills meliputi tentang keterampilan
mendapatkan pembeli, keterampilan dalam melakukan presentasi penjualan dan
keterampilan untuk melayani pelanggan (Ahmad:2010)
c)
Technical
Skills.
Pengetahuan teknikal
didefinisikan sebagai pengetahuan yang dimiliki tenaga penjualan dalam rangka
mendukung penjualannya, seperti pengetahuan tentang kegunaan dan keunggulan
produk (produk knowledge), pengetahuan tentang teknis dan prosedur dilapangan
dan juga pengetahuan tentang nasabah (Josep, David, Armen, Pratibha dan Robert,
2002). Tenaga penjual yang menguasai pengetahuan teknikal meliputi pengetahuan
produk dan fungsinya, pengetahuan prosedur di lapangan dan pengetahuan tentang
produk competitor (Peterson& Smith, 1995 dalam Johlke & Mary, 2002)
serta pengetahuan pasar dan industri (El-Ansary, 1993 dalam Johlke & Mary,
2002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar