Kinerja
tenaga penjualan merupakan suatu tingkat dimana seorang tenaga penjualan dapat
mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh manajer penjualan terhadap
dirinya (Challagalla & Shervani, 2006). Ukuran kinerja sering dikaitkan
dengan keberhasilan dan kegagalan perusahaan dalam meraih tujuan pokok
perusahaan, diantaranya adalah memperoleh laba, meningkatkan jumlah penjualan
dan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Penurunan kinerja merupakan pertanda
buruk bagi sebagian perusahaan dan pelaku usaha bahkan dianggap awal kehancuran
bagi sebagian pelaku usaha. Kinerja penjualan selalu dapat dipandang sebagai
hasil dari dijalankannya sebuah peran stratejik tertentu, yang bagi seorang
tenaga penjualan, kinerja itu dihasilkan
sebagai akibat dari keagresifan tenaga penjualan mendekati dan melayani dengan
baik pelanggannya (Saphiro dan Weiltz, 1990 dalam Ferdinand, 2004)
Kinerja
tenaga penjualan merupakan tingkat atau derajat tenaga penjualan dalam memenuhi
tugas–tugas penjualan, baik itu dari sisi pencapaian hasil maupun perilaku
penjualan (Goolsby, et. al., 1992). Kinerja tenaga penjualan ditentukan oleh
tenaga penjualan itu sendiri, seberapa besar kinerja yang dimiliki oleh tenaga
penjualan dapat terindikasikan dengan melihat pencapaian hasil penjualan.
Kinerja
atau sesuatu yang dicapai atau kemampuan atau prestasi yang diperlihatkan
tenaga penjualan bisa juga diartikan sebagai tingkatan sampai sejauh mana para
tenaga penjualan melaksanakan tanggung jawab dan tugas mereka (Dubinsky, et.
al., 2002). Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa dengan terlampauinya target
penjualan pada suatu perusahaan, akan menunjukkan kesungguhan tenaga penjual
dalam mengerjakan tugas dan tanggung jawabnya.
Sedangkan Baldauf et al. (2001) menyimpulkan
bahwa kinerja tenaga penjual merupakan kontribusi tenaga penjual dalam mencapai
tujuan perusahaan. Brasheral et al. (2007) melihat bahwa perilaku tenaga
penjual adalah aktivitas tenaga penjual yang dibutuhkan dalam setiap proses
penjualan dan aktivitas yang berkaitan dengan pembentukan hubungan dengan
pelanggan berkaitan dengan kinerja tenaga penjual meliputi pencarian peserta
asuransi, pencarian informasi, penjualan dan melayani pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar