Menurut
Rentz, et al (2002) Technical Skill (keahlian teknik), adalah pengetahuan yang
dimiliki tenaga penjualan dalam rangka mendukung penjualannya, seperti misalnya
pengetahuan mengenai desain dan keistimewaan produk (menguasai product
knowledge), pengetahuan tentang pemakaian dan fungsi produk, pengetahuan
tentang teknis (keahlian engineering) dan prosedur yang diberlakukan oleh
kebijakan perusahaan.
Pengetahuan
teknikal didefinisikan sebagai pengetahuan yang dimiliki tenaga penjualan dalam
rangka mendukung penjualannya, seperti pengetahuan tentang kegunaan dan
keunggulan produk (produk knowledge), pengetahuan tentang teknis dan prosedur
dilapangan dan juga pengetahuan tentang nasabah (Josep, David, Armen, Pratibha
dan Robert, 2002). Tenaga penjual yang menguasai pengetahuan teknikal meliputi
pengetahuan produk dan fungsinya, pengetahuan prosedur dilapangan dan
pengetahuan tentang produk competitor (Peterson & Smith, 1995 dalam Johlke
& Mary, 2002) serta pengetahuan pasar dan industri (El-Ansary, 1993 dalam
Johlke & Mary, 2002).
Pengetahuan
teknik penjualan merupakan sarana lain untuk mendukung keberhasilan seorang
tenaga penjualan dalam menunaikan tugasnya (Sutojo, 2000). Sangat penting bagi
seorang tenaga penjual untuk mengetahui pengetahuan tentang atribut produk, ini
merupakan ketrampilan teknis yang harus dimiliki oleh seorang tenaga penjual. Pengetahuan
produk diperlukan sebagai dasar suksesnya suatu produk, biasanya melalui
penggunaan /keterlibatan pada suatu produk. Pengetahuan konsumen tentangsuatu
produk yang diharapkan dapat mempengaruhi kepuasan secara positif, sebab suatu pengetahuan
akan membuat tentang produk akan lebih realistis. Efek pengetahuan
positifapabila: 1. Penggunaan pengetahuan diperlukan sebagai dasar suksesnya
suatu produk,biasanya melalui penggunaan/keterlibatan pada suatu produk Betty
& Smith (1987, dalam Sambandam & Lord, 2005); dan 2. Pengetahuan produk
menyiratkan suatu strukturmemori di dalam benak konsumen. Pengetahuan produk
mencakup: a) Kesadaran akankategori dan merek produk didalam kategori produk;
b) Terminologi produk; c) Atribut/cirri produk; dan d) Kepercayaan tentang
kategori produk secara umum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar