Sabtu, 21 Oktober 2023

Pengertian Beban Kerja


Menurut Aslian (2019), beban kerja merupakan tugas utama karakteristik
yang mempengaruhi kinerja manusia yang menentukan bagaimana orang
menyelesaikan pekerjaan yang diperlukan dan dengan cara apa seseorang
memahami tugasnya. Menurut Tarwaka (2017:128) pengertian beban kerja adalah
sekumpulan atau sejumlah kegiatan yang harus diselesaikan oleh suatu unit
organisasi atau pemegang jabatan dalam jangka waktu tertentu.
Menurut Hafizi (2020), beban kerja adalah besaran pekerjaan yang harus
dipikul oleh suatu jabatan/unit organisasi dan merupakan hasil kali antara volume
kerja dan norma waktu. Jika kemampuan pekerja lebih tinggi daripada tuntutan
pekerjaan, akan muncul perasaan bosan. Namun sebaliknya jika kemampuan
pekerja lebih rendah daripada tuntutan pekerjaan, maka akan muncul kelelahan
yang lebih. Tingkat pembebanan yang terlalu tinggi memungkinkan pemakaian 
energi yang berlebihan dan terjadi overstress, sebaliknya intensitas pembebanan
yang terlalu rendah memungkinkan rasa bosan dan kejenuuhan atau understress.
Beban kerja dapat dilihat dari selisih energi yang ada pada setiap pekerjaan
dengan energi yang diperlukan untuk mengerjakan suatu tugas dengan sukses.
Maka beban kerja dapat dinaikan atau diturunkan,dengan cara mengatur
penggunaan energi. Sehingga bisa disebut bahwa faktor tugas yang diberikan
termasuk faktor situasional. Tujuan pengubahan ini agar pegawai karyawan
memiliki perasaan bahwa telah terjadi kesesuaian antara tuntutan dan kemampuan.
Beban kerja yang dirasakan oleh karyawan dapat menjadi sumber stres. Sumber
stress itu sendiri adalah faktor penekan yang menghasilkan kondisi yang menuntut
manusia memberikan energi atau hasil yang lebih. Faktor penekan adalah beban
yang dirasakan karyawan atas pekerjaannya.
Menurut Munandar (2014) adanya beban kerja dalam tugas diharapkan akan
diseselasikan dalam waktu yang cepat secara tepat dan cermat. Dan pada saat
tertentu,dalam hal waktu akhir justru dapat meningkatkan motivasi dan
menghasilkan kinerja yang baik dan tinggi. Dengan demikian pengertian beban
kerja merupakan suatu proses yang dilaksanakan seseorangan atau suatu kelompok
untuk menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dilaksanakan dalam keadaan
normal atau dalam jangka waktu tertentu.
Dengan begitu beban kerja yang ada di dalam perusahaan mempengaruhi
kinerja karyawan,stress kerja yang tinggi juga merupakan pengaruh pada karyawan
yang memegang dua pekerjaan yang sebetulnya bukan dari pekerjaannya, karyawan 
pun menjadi kurang efektif dalam melakukan tugasnya, sebagaimana beban kerja
dan stress kerja saling berkaitan dan mempengaruhi perusahaan

Tidak ada komentar: