Banyak alat atau instrumen yang dapat digunakan dalam kegiatan
evaluasi, salah satunya adalah tes. Tes pada umumnya digunakan untuk
menilai dan mengukur hasil belajar, terutama hasil belajar kognitif
berkenaan dengan penguasaan bahan pengajaran sesuai dengan tujuan
pendidikan dan pengajaran.
Menurut Anne Anastasi yang dikutip Anas Sudijono (2011: 66),
“Tes adalah alat pengukur yang mempunyai standar yang objektif
sehingga dapat digunakan secara meluas, serta dapat betul-betul
digunakan untuk mengukur dan membandingkan keadaan psikis atau
tingkah laku individu”. Zainal Arifin (2011: 118), mengartikan tes
sebagai suatu teknik atau cara yang digunakan dalam rangka
melaksanakan kegiatan pengukuran, yang di dalamnya terdapat berbagai
pertanyaan, pernyataan, atau serangkaian tugas yang harus dikerjakan
atau dijawab oleh peserta didik untuk mengukur aspek perilaku peserta
didik. Di sisi lain, menurut Goodenough dalam Anas Sudijono (2011:
28
67), tes adalah suatu tugas atau serangkaian tugas yang diberikan kepada
individu atau sekelompok individu, dengan maksud untuk
membandingkan kecakapan mereka, satu sama lain.
Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa dalam dunia
evaluasi pendidikan yang dimaksud dengan tes adalah cara atau prosedur
dalam rangka pengukuran dan penilaian di bidang pendidikan. Tes
tersebut dapat berbentuk pemberian tugas kepada peserta didik sehingga
hasilnya dapat dibandingkan dengan standar yang telah ditetapkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar