Hasil Belajar
Tes sebagai instrumen dalam kegiatan evaluasi memiliki makna
tersendiri dalam dunia pendidikan, terutama dalam pembelajaran. Tes
merupakan prosedur yang sistematis dipandang sebagai alat dan teknik
dalam melakukan evaluasi hasil belajar. Hal ini didasarkan pada
kenyataan bahwa tes banyak digunakan oleh seorang guru untuk
melakukan evaluasi hasil belajar.
Secara umum, ada dua macam fungsi yang dimiliki oleh tes, yaitu:
1) Sebagai alat pengukur terhadap peserta didik. Dalam hubungan ini tes
berfungsi mengukur tingkat perkembangan atau kemajuan yang telah
dicapai oleh peserta didik setelah mereka menempuh proses belajar
mengajar dalam jangka waktu tertentu.
2) Sebagai alat pengukur keberhasilan program pengajaran, sebab
melalui tes tersebut akan dapat diketahui sudah seberapa jauh program
pengajaran yang telah ditentukan, telah dapat dicapai.
(Anas Sudijono, 2011: 67)
Menurut Nana Sudjana (2006: 35)., tes pada umumnya digunakan
untuk menilai dan mengukur hasil belajar siswa, terutama hasil belajar
kognitif berkenaan dengan penguasaan bahan pengajaran sesuai dengan
29
tujuan pendidikan dan pengajaran. Dalam batas tertentu tes dapat pula
digunakan untuk mengukur atau menilai hasil belajar afektif dan
psikomotor.
Dengan demikian fungsi tes sebagai instrumen evaluasi adalah
untuk mengukur prestasi atau hasil belajar yang telah dicapai oleh siswa
dalam belajar. Selain itu tes juga berfungsi untuk mengukur keberhasilan
suatu program pengajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar