Rabu, 28 Agustus 2019

Dimensi Efikasi Diri Akademik (skripsi dan tesis)


Dimensi dalam efikasi diri akademik diambil dari dimensi efikasi diri yang dikemukakan oleh Bandura (1997). Adapun tiga dimensi dalam efikasi diri antara lain :
a. Level (Tingkat Kesulitan Tugas)
Dimensi ini berkaitan dengan tingkat kesulitan tugas yang dihadapi oleh Individu. individu dengan efikasi diri tinggi cenderung akan memilih tugas yang sifatnya lebih menantang dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan akan lebih tekun dalam meningkatkan usahanya meskipun dijumpai pengalaman yang dapat memperlemahnya. Sebaliknya, individu dengan efikasi diri yang rendah akan memilih tugas dengan tingkat kesulitan yang rendah serta mudah digoyangkan oleh pengalaman pengalaman yang memperlemahnya.
b. Generality (Keadaan yang Umum)
 Dimensi yang kedua ini berkaitan dengan luas bidang penguasaan terhadap tugas yang dihadapi oleh individu. Penguasaan individu terhadap bidang atau tugas pekerjaan yang satu berbeda dengan yang lain. Ada individu yang penguasaannya meliputi beberapa bidang. Individu yang memiliki efikasi diri yang tinggi selalu ingin menambah pengalaman dan pengetahuannya. Siswa  dengan efikasi diri yang tinggi akan mampu menguasai beberapa bidang tugas sekaligus untuk menyelesaikan suatu tugas.
 c. Strength (Tingkat Kekuatan)
Strength lebih menekankan pada tingkat kekuatan atau kemantapan individu terhadap keyakinan yang dimilikinya dalam menyelesaikan tugas akademik. Individu yang memiliki efikasi diri tinggi akan cenderung tidak mudah menyerah, bekerja keras dan ulet dalam meningkatkan usahanya walaupun menghadapi rintangan dibandingkan individu yang efikasi dirinya rendah. Sedangkan individu yang memiliki efikasi diri yang rendah akan mudah digoyahkan oleh kegagalan dan pengalaman-pengalaman.
Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan dari aspek yang telah dikemukakan oleh Bandura (1997). Dimensi efikasi diri akademik ini antara lain yaitu level (tingkat kesulitan tugas), generality (keadaan yang umum), dan strength (tingkat kekuatan).

Tidak ada komentar: