Rabu, 28 Agustus 2019

Prosedur Pelaksanaan Metode Pembelajaran Jigsaw (skripsi dan tesis)


Adapun langkah-langkah dalam pelaksanaan metode pembelajaran Jigsaw yang mengacu pada prosedur Jigsaw learning oleh Silberman (2009) sebagai berikut :
a. Pilihlah materi belajar yang dapat dipisah menjadi beberapa segmen atau bagian-bagian.
 b. Bagilah siswa menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah segmen yang ada. Jika jumlah siswa ada 30 sementara jumlah segmen yang ada berjumlah 5, maka masing-masing kelompok terdiri dari 6 orang. Setiap kelompok mendapat tugas membaca dan memahami materi ajar yang berbedabeda.
 c. Kelompok yang telah terbentuk, kemudian masing-masing akan mengirimkan anggotanya ke kelompok lain sehingga terbentuklah kelompok Jigsaw dalam jumlah yang sama.
d. Setiap kelompok Jigsaw diminta untuk menyampaikan materi yang telah mereka pelajari di dalam kelompok asal kepada seluruh anggota kelompok Jigsaw.
e. Kembalikan suasana kelas seperti semula kemudian tanyakan sekiranya ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok.
f. Sebagai variasi, sampaikan beberapa pertanyaan kepada siswa untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi yang telah disampaikan

Tidak ada komentar: