Sebagai suatu bidang kegiatan, evaluasi hasil belajar merupakan
hal yang terpenting untuk mengukur keberhasilan tercapainya tujuan
pendidikan. Evaluasi hasil belajar memiliki ciri-ciri khas yang
membedakannya dengan kegiatan yang lain.
Menurut Suharsimi Arikunto (2009: 11-16) ciri-ciri penilaian
dalam pendidikan antara lain:
1) Penilaian dilakukan secara tidak langsung.
2) Penggunaan ukuran kuantitatif.
3) Penilaian pendidikan menggunakan unit-unit atau satuan-satuan yang
tetap.
4) Penilaian pendidikan bersifat relatif.
5) Dalam penilaian pendidikan sering terjadi kesalahan-kesalahan.
E
valuasi hasil belajar yang baik adalah evaluasi yang jauh dari
sikap subjektivitas penilai. Selain itu dalam melakukan evaluasi harus
objektif dalam melakukan pengukuran sehingga dapat mengukur apa
yang seharusnya diukur dalam pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar