Senin, 26 Agustus 2019

Prosedur Evaluasi Hasil Belajar (skripsi dan tesis)

Menentukan pokok-pokok dan ketentuan apa yang perlu dilakukan dalam suatu program evaluasi hasil belajar itu sangat sulit. Hal ini disebabkan oleh tujuan khusus dari tiap jenis dan keadaan sekolah masing-masing tidak sama. Sekalipun tidak selalu sama, namun pada umumnya para pakar dalam bidang evaluasi pendidikan merinci kegiatan evaluasi hasil belajar ke dalam enam langkah pokok seperti yang dikemukakan Anas Sudijono (2011: 59-62) yaitu: 
1) Menyusun rencana evaluasi hasil belajar. 
a) Merumuskan tujuan dilaksanakannya evaluasi. 
b) Menetapkan aspek-aspek yang akan dievaluasi. 
c) Memilih dan menentukan teknik yang akan dipergunakan di dalam pelaksanaan evaluasi. 
d) Menyusun alat-alat pengukur yang akan dipergunakan dalam pengukuran dan penilaian hasil belajar peserta didik. 
e) Menentukan tolok ukur, norma atau kriteria yang akan dijadikan pegangan atau patokan dalam memberikan interpretasi terhadap data hasil evaluasi.
 f) Menentukan frekuensi dari kegiatan evaluasi hasil belajar itu sendiri.
 2) Menghimpun data.
 3) Melakukan verifikasi data. 
4) Mengolah dan menganalisis data. 
5) Memberikan interpretasi dan menarik kesimpulan.
 6) Tindak lanjut hasil evaluasi. Dalam kegiatan evaluasi terdapat prosedur tersendiri, meskipun kegiatan mengevaluasi itu lebih tepat dipandang sebagai suatu proses kontinyu yang tidak terputus-putus. 
Untuk menghubungkan proses yang kontinyu tersebut diperlukanlah suatu prosedur. Prosedur merupakan langkah-langkah pokok yang harus ditempuh dalam kegiatan evaluasi. Keberhasilan suatu kegiatan evaluasi akan dipengaruhi pula oleh kegiatan evaluator dalam melaksanakan prosedur evaluasi. Menurut Zainal Arifin (2011: 88) prosedur evaluasi pembelajaran meliputi:
 1) Perencanaan evaluasi, yang meliputi analisis kebutuhan, merumuskan tujuan evaluasi, menyusun kisi-kisi, mengembangkan draft instrumen, uji coba dan analisis, merevisi dan menyusun instrumen final.
 2) Pelaksanaan evaluasi dan monitoring. 
3) Pengolahan data dan analisis. 
4) Pelaporan hasil evaluasi. 
5) Pemanfaatan hasil evaluasi. Baik buruknya evaluasi hasil belajar berada di tangan seorang guru sebagai evaluator yang melaksanakan evaluasi tersebut. Oleh sebab itu seorang guru harus bertanggung jawab terhadap hasil evaluasi. Tanggung jawab tersebut dapat ditunjukkan dengan melaksanakan prosedur evaluasi yang baik, dan dipertanggungjawabkan bagi pihak–pihak yang berkepentingan. 

Tidak ada komentar: