Menurut
American Marketing Association yang
dikutip oleh Kotler dan Keller (2009) bahwa pemasaran adalah suatu fungsi
organisasi dan serangkaian proses untukmenciptakan, mengkomunikasikan, dan
memberikan nilai kepada pelanggandan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan
cara yang menguntungkan organisasi dan pemangku kepentingannya. Menurut
Daryanto (2011) bahwa pemasaran adalah suatu proses sosial danmanajerial dimana
individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dankeinginan mereka dengan
menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatuyang bernilai satu sama lain”.
Pemasaran
menurut Tjiptono (2008) adalah fungsi yang memiliki kontakyang paling besar
dengan lingkungan eksternal, padahal perusahaan hanya memiliki kendali yang terbatas terhadap
lingkungan eksternal. Menurut Saladin (2013) pengertian pemasaran adalah suatu
sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan
harga, promosi, dan mendistribusikan barang-barang yang dapat memuaskan
keinginan dan mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar