Marconi
(dalam Doyo, 2008) menyebutkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap
suatu produk atau jasa adalah sebagai berikut:
a.
Nilai (harga dan
kualitas), pihak perusahaan harus bertanggung jawab untuk menjaga merek
tersebut dalam waktu yang lama sehingga dapat mengarahkan pada loyalitas. Oleh
karena itu perlu diperhatikan bahwa
pengurangan standar kualitas dari suatu merek akan mengecewakan konsumen
bahkan konsumen yang paling loyal sekalipun begitu jugadengan perubahan harga.
b.
Citra (baik dari
kepribadian yang dimilikinya dan reputasidari merek tersebut), citra dari
perusahaan dan merek diawalidengan kesadaran. Produk yang memiliki citra yang
baikakan dapat menimbulkan loyalitas konsumen pada merek.
c.
Kenyamanan dan
kemudahan untuk mendapatkan sepatu“specs“. Dalam situasi yang penuh tekanan dan
permintaanterhadap pasar yang menuntut akan adanya kemudahan,pihak perusahaan
dituntut untuk menyediakan produk yangnyaman dan mudah untuk didapatkan.
d.
Kepuasan yang dirasakan
oleh konsumen.
e.
Pelayanan, dengan
kualitas pelayanan yang baik yang ditawarkan
dapat mempengaruhi loyalitas konsumen pada merek tersebut.
f.
Garansi dan jaminan yang diberikan oleh
perusahaan
Menurut
Zikmund dkk (2013) mengemukakan aspek yang mempengaruhi loyalitas pelanggan,
adalah:
a. Satisfaction
(kepuasan) Perbandingan antara harapan sebelum melakukan pembelian dengan
kinerja yang dirasakan.
b. Emotional Bonding
(ikatan emosi) Konsumen merasakan ikatan yang kuat dengan konsumen lain yang
menggunakan produk atau jasa yang sama.
c. Trust
(kepercayaan) Kemauan seseorang untuk mempercayai perusahaan untuk menjalankan
sebuah fungsi.
d. Choice reduction and
habit (kemudahan) Pembelian produk secara
teratur sebagai akumulasi pengalaman setiap saat atau pengulangan.
e. History with company
(pengalaman terhadap perusahaan) Pengalaman seseorang terhadap perusahaan dapat
membentuk perilaku. Layanan yang baik dari perusahaan akan mengakibatkan
terjadinya pengulangan perilaku pada perusahaan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar