Minggu, 25 Agustus 2019
Ciri-Ciri Komunikasi Interpersonal (skripsi dan tesis)
Komunikasi interpersonal bersifat dialogis, dalam arti arus balik antara
komunikator dengan komunikan terjadi langsung, sehingga pada saat itu juga
komunikator dapat mengetahui secara langsung tanggapan dari komunikan,
dan secara pasti akan mengetahui apakah komunikasinya positif, negatif dan
berhasil atau tidak. Apabila tidak berhasil, maka komunikator dapat memberi
kesempatan kepada komunikan untuk bertanya seluas-luasnya.
Menurut Kumar (dalam Wiryanto, 2005: 36) bahwa ciri-ciri komunikasi
interpersonal yaitu:
a. Keterbukaan (openess), yaitu kemauan menanggapi dengan senang hati
informasi yang diterima di dalam menghadapi hubungan interpersonal;
b. Empati (empathy), yaitu merasakan apa yang dirasakan orang lain.
c. Dukungan (supportiveness), yaitu situasi yang terbuka untuk
mendukung komunikasi berlangsung efektif.
d. Rasa positif (positivenes), seseorang harus memiliki perasaan positif
terhadap dirinya, mendorong orang lain lebih aktif berpartisipasi, dan
menciptakan situasi komunikasi kondusif untuk interaksi yang efektif.
e. Kesetaraan atau kesamaan (equality), yaitu pengakuan secara diamdiam bahwa kedua belah pihak menghargai, berguna, dan mempunyai
sesuatu yang penting untuk disumbangkan.
15
Berdasarkan paparan diatas mengenai ciri-ciri komunikasi interpersonal,
dapat disimpulkan bahwa dalam komunikasi interpersonal, agar diperoleh
komunikasi yang efektif maka dibutuhkannya keterbukaan (opennes), empati
(empathy), sikap mendukung (supportivenes), rasa positif (positivenes) dan
kesetaraan (equality).
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar