Senin, 24 Desember 2018

Struktur Dasar Model Antrian (skripsi dan tesis)


Setiap masalah antrian dapat diuraikan dalam tiga karakteristik yaitu kedatangan / sumber masukan, antrian dan keluar / exit (Richard B.Chase, 1997). Sistem antrian yang paling sederhana  dapat digambarkan sebagai berikut :
 1.      Kedatangan 
      a.   Sumber kedatangan / input
                     Sumber masukan dari suatu sistem antrian dapat terdiri atas suatu  populasi orang, barang, komponen, atau kertas kerja yang datang  pada sistem yang dilayani. Bila populasi relatif  besar sering dianggap bahwa hal itu merupakan besaran yang tak terbatas.
                      Suatu populasi dinyatakan “besar” bila populasi tersebut besar dibanding dengan kapasitas sistem pelayanan. Sebagai contoh, suatu masyarakat kecil yang terdiri dari  10.000 orang mungkin akan menjadi suatu populasi yang tidak terbatas bagi sebuah pengecer tetapi mungkin tidak cukup besar bagi 100 shopping center yang ada. Bila dirumuskan sistem pemeliharaan sejumlah mesin sebagai populasi dan perawat mesin sebagai fasilitas pelayanan, tentu saja sejumlah mesin tersebut tidak  akan dinyatakan sebagai sumber yang tidak terbatas (Hani Handoko dkk, 1997).
b.      Pola Kedatangan
               Cara dengan mana individu-individu dari populasi memasuki sistem disebut pola kedatangan (arrival pattern). Individu-individu mungkin sering datang dengan tingkat kedatangan (arrival rate) yang konstan ataupun acak / random. Tingkat kedatangan produk-produk yang bergerak sepanjang lini perakitan produksi massa mungkin konstan, sedang tingkat kedatangan telephone calls sangat sering mengikuti suatu distribusi Poisson (Hani Handoko dkk, 1997).
               Distribusi probabilitas Poisson adalah salah satu dari pola-pola kedatangan yang paling sering (umum) bila kedatangan-kedatangan didistribusikan secara random. Hal ini terjadi karena distribusi Poisson menggambarkan sejumlah kedatangan perunit bila sejumlah besar variabel-variabel random mempengaruhi tingkat kedatangan. D
c.       Perilaku kedatangan
       Ada dua perilaku kedatangan, yaitu balk dan renegeBalk (penolakan) adalah fenomena dimana pelanggan yang datang ke sistem antrian menolak  untuk masuk ke  sistem antrian  karena harus mengantri. Sementara itu renege menggambarkan situasi dimana pada mulanya pelanggan bersedia mengantri tetapi kemudian meninggalkan antrian sebelum dilayani.

Tidak ada komentar: