Senin, 24 Desember 2018

Cakupan dan Kaitan Ergonomi (skripsi dan tesis)


Sebenarnya kaitan antara orang dengan rekan kerjanya, penyelia (supervisor), manajemen, dan keluarga berada juga pada cakupan ergonomi, akan tetapi kini hal-hal tersebut tidak dimasukkan ke dalam lingkup ergonomi. Biasanya butir-butir tersebut  diliput dalam bidang sosiologi. Subyek cakupan lain yang juga bertumpang-tindih dengan ergonomi ialah masalah kesehatan industrial, teristimewa yang menyangkut masalah racun dan jenis musibah lainnya. Mempelajari masalah musibah memang bukan merupakan tugas ergonomi, akan tetapi pada masalah tertentu akan ada kemungkinan di mana ahli ergonomi, pengobatan dan kesehatan harus bekerjasama dalam menemukan metode kerja yang aman dan selamat.
Ada sejumlah disiplin ilmu dan teknologi yang besar kontribusinya kepada ergonomi. Dari anatomi dan fisiologi kita akan mempelajari tentang struktur dan berfungsinya badan manusia. Anthropometri memberi informasi tentang ukuran tubuh. Psikologi terapan berupaya untuk menemukan parameter dari tingkah laku manusia. Pengobatan industrial dapat membantu untuk merumuskan kondisi kerja yang tidak akan merusak struktur manusia. Dari ilmu fisika dan rekayasa dapat memberi sumbangan pengetahuian tentang kondisi yang dapat menyenangkan karyawan.
            Hasil dari berbagai riset itulah digabung dengan segmen pengetahuan yang telah terkumpul, kemudian dijadikan landasan bagi ergonomi dan pengembangan. Hasil riset hanya bermanfaat setelah diuji-cobakan di dalam praktek. Dan karena ergonomi berkaitan dengan orang yang bekerja, maka penerapannya akan dilakukan di kawasan industri ataupun di tempat-tempat kerja lainnya yang kecuali efektivitas dan efisiensi juga memasukkan keselamatan, keamanan dan kenyamanan sebagai sasaran organisasinya.




Tidak ada komentar: