Senin, 24 Desember 2018

Model-model Antrian (skripsi dan tesis)


Dalam mengelompokkan model-model antrian yang berbeda-beda akan digunakan suatu notasi yang disebut Kendall’ Notation. Notasi ini sering dipergunakan karena beberapa alasan. Pertama, karena notasi  tersebut merupakan alat yang efisien untuk mengidentifikasikan tidak hanya model-model antrian, tetapi juga asumsi-asumsi yang harus  dipenuhi. Kedua, hampir semua literatur yang membahas teori antrian menggunakan notasi ini.
Tanda pertama notasi selalu menunjukkan distribusi tingkat kedatangan. Dalam hal ini, M menunjukkan tingkat kedatangan mengikuti suatu distribusi probabilitas Poisson. Tanda kedua menunjukkan distribusi tingkat pelayanan. Lagi, M menunjukkan bahwa tingkat pelayanan mengikuti distribusi probabilitas Poisson.
Tanda  ketiga menunjukkan jumlah fasilitas pelayanan dalam sistem. Model di atas adalah model yang mempunyai fasilitas pelayanan tunggal. Tanda keempat dan kelima ditambahkan untuk menunjukkan apakah sumber populasi dan kepanjangan antrian  adalah tak terbatas (I) atau terbatas (F).
Dengan tanda-tanda tersebut ditunjukkan empat model yang berbeda yang akan dirumuskan dan dipecahkan dalam bagian ini, yaitu :
Model 1 :    M/M/I/I/I
Model 2 :    M/M/S/I/I
Model 3 :    M/M/I/I/F
Model 4 :    M/M/S/F/I

Tidak ada komentar: