Pada umumnya sistem antrian dapat diklasifikasikan menjadi sistem yang berbeda-beda di mana teori antrian dan simulasi sering diterapkan secara luas. Klasifikasi menurut Hiller dan Lieberman (Hani Handoko dkk, 1997) adalah sebagai berikut :
a. Sistem pelayanan komersial
Sistem pelayanan komersial merupakan aplikasi yang sangat luas dari model-model antrian seperti restoran, cafetaria, toko-toko, tempat potong rambut (salon), boutiques, supermarket dan sebagainya.
b. Sistem pelayanan bisnis-industri
Sistem pelayanan bisnis industri mencakup lini produksi, sistem material handling, sistem pergudangan, dan sistem-sistem informasi komputer.
c. Sistem pelayanan transportasi
Sistem pelayanan transportasi mencakup sistem layanan pelayanan transportasi udara, air dan darat.
d. Sistem pelayanan sosial
Sistem-sistem pelayanan sosial merupakan sistem-sistem pelayanan yang dikelola oleh kantor-kantor dan jawatan-jawatan lokal maupun nasional, seperti kantor tenaga kerja, kantor registrasi SIM dan STNK, dan sebagainya, serta kantor pos, rumah sakit, puskesmas dan lain-lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar