Salah satu sebab tidak efisiennya suatu pemasaran adalah kurangnya pengetahuan konsumen mengenai produk yang dibeli. Konsumen harus mempunyai pengetahuan yang cukup sebagai dasar mengambil keputusan untuk pembelian yang akan menghasilkan kepuasan maksimum. Perlunya informasi-informasi mengenai produk seperti ciri khusus dan mutu produk untuk disampaikan kepada konsumen. Efisiensi Pemasaran merupakan suatu pengendalian atau penghematan produk baik secara fisik maupun ekonomis untuk menekan biaya yang dikeluarkan terhadap kegiatan pemasaran (Hanafiah dan Saefuddin, 1983: 100).
Faktor-faktor yang dapat sebagai ukuran efisiensi pemasaran adalah sebagai berikut:
- Keuntungan pemasaran
- Harga yang diterima konsumen
- Tersedianya fasilitas fisik pemasaran yang memadai untuk melancarkan transaksi jual beli barang, penyimpanan, transportasi
- Kompetisi pasar, persaingan diantara pelaku pemasaran
(Soekartawi, 1993: 162).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar