Berdasarkan penelitian Bob (2014)
diketahui bahwa dalam pelaksanaan prinsip-prinsip etika bisnis online dalam
media sosial facebook ketahui bahwa terdapat perbedaan dibandingkan dengan
pelaksanaan prinsip-prinsip etika bisnis online dalam media lainnya. Untuk
selanjutnya, penulis akan menguraikan pelaksanaan prinsip-prinsip etika bisnis
online dalam media sosial facebook sebagai berikut.
a. Kejujuran
Kejujuran merupakan suatu prinsip etika
bisnis. Kini para praktisi bisnis dan manajemen mengakui bahwa kejujuran
merupakan suatu jaminan dan dasar bagi kegiatan bisnis (Moerdiyanto, 2009).
1) Reseller
fashion memberikan informasi tentang produk sesuai dengan kondisi produk, yang
ditunjukkan dengan foto disertai informasi bahan, ukuran
2) .Pemberian
harga sesuai dengan yang dicantumkan saat promosi, syarat berlaku, menjelaskan harga produk dan ongkos
kirim.
3) Jujur
dalam kualitas produk, apalagi untuk produk branded yang sudah terkenal dan
banyak dijual di toko lain
b. Tanggung
Jawab
Tanggung jawab yang diberikan
oleh reseller ditunjukkan dengan menepati janji, dan memberitahu ketika terjadi
perubahan. Mengirimkan produk sesuai transaksi yang dilakukan sampai ke tangan
konsumen, dan sebisa mungkin menyelesaikan complain yang ada.
c. Bersaing
secara Sehat
reseller fashion harus
menunjukkan upaya bersaing secara sehat dengan cara berusaha menciptakan persaingan yang sehat
dengan cara menghargai pesaing, menjaga hubungan baik dengan para kompetiter
selama masih dalam batas- batas etika dalam bisnis.
d. Sikap
ramah
Sifat ramah dalam
reseller media sosial Facebook tercermin
dalam :
1) .Melakukan
interaksi dengan konsumen
2) Ramah
dalam menanggapi setiap pertanyaan
konsumen terkait dengan produk yang
dijua
e. Peduli
dengan pelanggan
Prinsip peduli dengan
pelanggan dapat diwujudkan dalam hal, yaitu
1) Tidak
adanya pemaksaan terhadap pembelian
suatu produk, namun reseller fashion memberikan informasi yang jelas
mengenai produk tersebut, misalnya
kualitas produk.
2) .Penangan
pesanan maupun complain diterima secara welcome oleh reseller fashion
f. Responsif
Nilai responsif
terwujud dalam penyediaan waktu untuk konsumen, menjawab setiap keingintahuan
konsumen atas suatu produk yang dipromosikan dengan keramahan.
g. Dedikasi
yang Tinggi
Dedikasi yang tinggi
dapat diwujudkan dengan cara juga
menerapkan nilai etika bisnis dedikasi. Dedikasi tercermin dalam penjualan
produk yang berkualitas dan pelayanan
yang baik. Dedikasi yang tinggi akan dapat memberikan tercapainya perusahaan
dalam membangun profit dan meningkatkan tarf kehidupan yang lebih baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar