Loyalitas
konsumen menurut Hur et al. (2013) didefinisikan sebagai "komitmen yang
dipegang teguh untuk membeli kembali produk pilihan atau jasa secara konsisten
di masa mendatang, sehingga menyebabkan pembelian berulang produk atau jasa
dengan merek yang sama, meskipun ada pengaruh situasional dan upaya pemasaran
yang memiliki potensi untuk menyebabkan perilaku beralih ke produk atau jasa
dengan merek yang lain".
Putro, Semuel
dan Brahmana (2014:4) menyatakan loyalitas sebagai kondisi dimana pelanggan
mempunyai sikap positif hadap suatu merek, mempunyai komitmen pada merk
tersebut, dan bermaksud meneruskan pembeliannya dimasa mendatang. Loyalitas
konsumen sangat penting bagi suatu perusahaan baik jasa maupun produk (barang)
untuk meningkatkan keuntungan bagi suatu perusahaan, karena apabila konsumen
tidak loyal terhadap produk suatu perusahaan, maka dipastikan mereka akan
berpaling ke produk lain, untuk mempertahankan loyalitas konsumen ada salah
satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan yaitu dengan memberikan
pelayanan yang baik, yang diharapkan dapat membuat pelanggan untuk kembali
melakukan transaksi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar