Positioning pada
dasarnya dibutuhkan karena positioning menghasilkan posisi produk yaitu citra
produk yang jelas, berbeda dan unggul secara relatif dibanding pesaing didalam benak
konsumen. Untuk itu positioning penting dalam kegiatan pemasaran.
Menurut (Kasali, 2005) positioning merupakan upaya
atau strategi pemasar menanamkan citra, persepsi, atau imajinasi atas produk
yang ditawarkan kepada konsumen melalui strategi komunikasi. Pemasar bersaing
agar mereknya diingat, diprioritaskan oleh konsumen, dicintai dan dibeli setiap
kali dibutuhkan. Menurut Kotler dan Armstrong (2003), Positioning adalah cara
produk didefinisikan oleh konsumen berdasarkan beberapa atribut penting tempat
yang diduduki produk dalam benak konsumen dibandingkan dengan produk-produk
pesaing. Sedangkan menurut Assauri (2009) Positioning adalah cara untuk
meningkatkan dan menempatkan produk yang kita buat dengan pesaing kita dalam
pikiran konsumen, dengan kata lain positioning dipakai untuk mengisi serta
memenuhi keinginan konsumen dalam kategori tertentu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar